Agu 31

Benjolan di Leher Sebelah Kanan, Tanda Penyakit Apa?

Benjolan di Leher – Benjolan di leher sebelah kanan biasanya disebabkan oleh kelenjar getah bening yang membengkak. Pembengkakan pada kelenjar getah bening serta gangguan kesehatan lainnya dapat memicu benjolan yang muncul di leher sebelah kanan. Kelenjar getah bening atau KGB merupakan bagian sistem getah bening yang menjadi bagian dari sistem kekebalan tubuh yang sangat penting.

Hal tersebut yang akan membuat kelenjar getah bening akan membesar jika tubuh mengalami gangguan, misalnya terinfeksi oleh virus, bakteri, jamur atau terkena inflamasi. Pada umumnya pembengkakan ini disebabkan oleh infeksi sinus, infeksi telinga, tonsilitis, infeksi rongga mulut, infeksi bakteri pada kulit kepala serta TB kelenjar.

Kelenjar getah benih ini tidak membahayakan dan bersifat jinak, namun munculnya KGB ini bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan atau infeksi. Lalu, tanda penyakit apa sajakah yang muncul? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Benjolan di Leher Sebelah Kanan, Tanda Penyakit Apa?

Benjolan di Leher Sebelah Kanan

1. Penyakit Autoimun

Salah satu penyebab benjolan di leher sebelah kanan adalah penyakit Autoimun. Misalnya Lupus dan rheumatoid arthritis. Rheumatoid arthritis ini adalah peradangan pada sendi yang kronis, sedangkan lupus peradangan kronis yang dapat menyerang area tubuh yang tidak tentu. Lupus adalah kondisi autoimun yang memiliki tanda-tanda khas seperti ruam di kulit, wajah yang tampak seperti kupu-kupu atau malar rash dan tidak simetris, mengalami gangguan organ, nyeri otot atau sendi, serta demam.

Baca juga  Penyebab Kanker Usus Paling Umum, Hindari Mulai Sekarang!

Lupus pada umumnya lebih sering menyerang wanita, disertai pula dengan keluhan seperti adanya benjolan kelenjar getah bening pada leher. Meskipun tidak selalu ditemukan, namun biasanya dokter akan mendiagnosis dengan melakukan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang, seperti pemeriksaan antibodi ANA, darah yang lengkap, fungsi ginjal atau hati, serta dilakukan pemeriksaan lainnya jika dibutuhkan.

2. Limfoma

Limfoma merupakan kanker yang menyerang sistem imunitas tubuh atau sistem limfatif. Limfoma ini memiliki dua jenis, yaitu limfoma non-Hodgkin dan limfoma Hodgkin. Dokter biasanya akan melakukan diagnosis dengan serangkaian pemeriksaan biopsi pada benjolan. Kelenjar getah bening ini gejalanya biasanya muncul di leher atau bagian tubuh manapun.

Selain itu, penderita akan mengalami demam, penurunan berat badan, mudah mengalami keringat dingin pada malam hari. Jika Anda mengalami tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

3. Kista

Munculnya benjolan di leher sebelah kanan ini biasanya dapat memicu Kista. Benjolan tersebut berisi cairan yang bisa hilang tanpa memerlukan penanganan atau perawatan tertentu. Meskipun begitu kista yang tumbuh pada leher pada umumnya memiliki tekstur lunak ketika diraba dan tidak mengalami nyeri.

4. Gondok

Gondok merupakan suatu kondisi pembesaran yang tidak wajar pada kelenjar tiroid yang ada di bagian leher. Kelenjar tiroid yang mengalami pembesaran dapat muncul bemjolan di leher sebelah kanan, tengah leher, serta kiri. Biasanya penderita gondok ini akan mengalami gangguan suasana perasaan, tidak tahan dengan suhu panas atau suhu dingin, mudah merasa berdebar, gampang gelisah serta mengalami penurunan berat badan tanpa diketahui penyebab yang jelas.

Baca juga  6 Makanan Pantangan Rematik yang Wajib Dihindari

Maka dari itu usahakan untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika Anda mengalami beberapa gejala dari penyakit gondok terebut.

5. Kanker Tenggorokan

Kanker tenggorokan atau orofaringeal ini terdiri dari dasar lidah, tonsil, mulut, dinding tenggorokan dan area belakang rongga mulut. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini dapat berupa rasa nyeri atau kesulitan ketika menelan, merasakan nyeri tenggorokan yang menetap, mengalami perubahan suara, nyeri di bagian telinga, ada rasa mengganjal di bagian leher atau tenggorokan serta mengalami penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas.

Jika Anda mengalami kondisi tersebut, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan agar segera mendapat penanganan sejak dini. Hal tersebut dilakukan agar penyebaran kanker ke organ lain dapat dicegah dengan baik dan tidak sampai mengancam nyawa penderita.

Itulah beberapa tanda-tanda penyakit yang timbul oleh kelenjar getah bening yang menumbuhkan benjolan. Untuk pengobatannya sendiri yaitu dapat dilakukan sesuai dengan penyakit yang dialami penderita agar mendapatkan perawatan yang sesuai dan tepat. Oleh karena itu, memeriksakan diri ke dokter sangat penting untuk dilakukan.

Demikian ulasan mengenai tanda-tanda penyakit yang disebabkan oleh benjolan di leher sebelah kanan. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.