Sep 28

Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh dan Alami

Buah penurun kolesterol harus diketahui oleh siapa saja yang menderita kolesterol agar bisa mengurangi keluhan kolesterol yang sedang dialami. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh, mulai dari mengonsumsi obat yang diberi oleh dokter sampai menggunakan pengobatan tradisional dengan berbagai bahan alami yang bisa ditemukan di mana saja.

Namun sebenarnya ada cara yang lebih mudah yaitu dengan mengatur pola makan sehat. Yang dimaksud dengan mengatur pola makan sehat adalah mengonsumsi segala makanan yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat, termasuk juga buah penurun kolesterol.

Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh

Buah Penurun Kolesterol

Mengonsumsi buah-buahan segar terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Memang proses yang dibutuhkan akan berlangsung lebih lama daripada menggunakan obat penurun kolesterol tapi mengonsumsi buah penurun kolesterol hasilnya akan lebih memuaskan karena buah tidak memiliki efek samping seperti obat sehingga lebih aman untuk tubuh.

Terdapat beberapa buah penurun kolesterol paling ampuh, diantaranya:

1. Alpukat

Buah penurun kolesterol yang pertama adalah alpukat. Banyak yang salah mengira kepada alpukat karena kandungan lemaknya yang banyak. Memang benar jika alpukat mengandung lemak namun lemak yang ada pada alpukat merupakan lemak sehat karena yang paling besar menyusunnya adalah asam lemak tak jenuh terutama asam lemak tak jenuh tunggal.

Baca juga  Cara Mengobati Luka Bakar Melepuh Biar Kering Tanpa Bekas

Kandungan lemak tak jenuh yang terdapat pada alpukat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang berdampak buruk bagi kesehatan. Antioksidan yang terkandung pada alpukat memiliki khasiat menjaga pembuluh darah dari kerusakan arteri yang diakibatkan oleh penumpukan kolesterol jahat.

2. Tomat

Buah penurun kolesterol yang selanjutnya adalah tomat. Tomat menjadi buah penurun kolesterol paling ampuh yang bisa Anda konsumsi dengan rutin. Terdapat laporan riset di jurnal Maturitas yang menyebutkan bahwa tomat yang sudah dimasak memiliki manfaat yang hampir sama dengan obat kimia penurun kolesterol seperti statin yang merupakan obat gangguan jantung namun yang membuatnya berbeda adalah tomat tidak akan memberikan efek samping apapun ketika dikonsumsi.

Senyawa likopen yang memberi warna merah pada tomat matang bermanfaat sebagai antioksidan yang berkhasiat untuk mengurangi resiko stroke dan serangan jantung. Tak hanya itu saja, tomat juga mengandung kalium dan vitamin B yang bisa menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Agar mendapatkan kandungan likopen terbaik, masak terlebih dulu tomat yang akan dikonsumsi karena likopen menjadi lebih mudah diserap oleh tubuh.

3. Jeruk Nipis

Jarang sekali jeruk nipis dikonsumsi secara langsung melainkan lebih banyak digunakan sebagai bahan campuran masakan atau sebagai jus penurun kolesterol. Flavonoid yang terkandung di dalam jeruk nipis bermanfaat untuk menghambat produksi kolesterol jahat (LDL) sehingga secara otomatis akan mengurangi risiko serangan jantung.

Baca juga  Bahaya Makan Mie Instan Mentah yang Mematikan

4. Semangka

Buah penurun kolesterol yang berikutnya adalah semangka yang pasti sudah dikenal bisa menghilangkan rasa haus dengan cepat. Semangka mengandung likopen seperti tomat sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

5. Apel

Buah apel diketahui sebagai buah penurun kolesterol dengan cepat karena apel memang buah yang terkenal menyehatkan. Apel menjadi salah satu buah penurun kolesterol karena terdapat kandungan zat beta glucan yang memiliki peran untuk mengontrol produksi kolesterol.

Apel yang juga berperan sebagai sumber serat larut berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dan mencegah agar arteri tidak mengeras dan melindungi tubuh terhadap serangan jantung dan stroke. Apel bisa dikonsumsi secara langsung atau bisa diolah dulu menjadi jus. Bisa juga dibuat menjadi cuka apel.

Mengonsumsi cuka apel juga bermanfaat untuk kesehatan. Jika dikonsumsi secara rutin bisa menurunkan LDL dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Tak hanya itu, buah ini ampuh untuk penderita diabetes dan cuka apel ini diketahui bisa meningkatkan sensivitas insulin penderita diabetes tipe 2.

Masih banyak buah yang bisa menurunkan kolesterol, seperti buah pir dan pisang. Semua buah penurun kolesterol yang sudah disebutkan bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah terlebih dulu menjadi jus penurun kolesterol.

Itulah sedikit ulasan tentang buah penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi secara rutin agar tubuh menjadi lebih sehat. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.