Sep 23

10 Buah Penurun Panas Paling Ampuh dan Aman untuk Anak

Buah Penurun Panas untuk Anak – Buah penurun panas sebaiknya diketahui semua orang agar ketika anak mengalami panas bisa langsung mengambil tindakan yang benar. Ketika badan panas, tak hanya kepada anak tapi juga bagi semua orang, yang harus dilakukan adalah segera beristirahat dari aktivitas. Selain itu, sebaiknya mengonsumsi makanan bergizi agar kekebalan tubuh menjadi meningkat dan cara ini akan membuat proses pemulihan menjadi lebih cepat.

Mengonsumsi makanan bergizi bisa dilakukan dengan makan buah yang mengandung banyak sekali vitamin dan nutrisi, seperti vitamin C, antioksidan, serat, dan air yang bisa mencegah terjadinya dehidrasi.

Selain kandungan yang dimiliki oleh buah, mengonsumsi buah yang memiliki rasa lezat dan menyegarkan bisa membangkitkan selera makan ketika panas. Namun untuk mengatasi panas pada anak, dibutuhkan buah penurun panas yang aman dikonsumsi.

Ragam Jenis Buah Penurun Panas Pada Anak

Buah Penurun Panas

Terdapat banyak sekali buah yang sangat bermanfaat untuk tubuh namun ada beberapa buah penurun panas anak yang bisa diberikan agar panas bisa segera hilang dan anak bisa kembali ceria. Berikut beberapa buah penurun panas anak yang ampuh dan aman:

1. Delima Merah

Buah penurun panas yang pertama adalah buah delima merah. Anda bisa menemukan buah ini dengan mudah meskipun tidak semua penjual buah menyediakan buah ini. Delima merah mengandung air yang tinggi dan vitamin C yang berkhasiat untuk menurunkan panas anak.

Baca juga  Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol dan Cara Mengolahnya yang Benar

2. Air Kelapa Muda

Ketika diminum, air kelapa muda mampu mengatasi dehidrasi yang diakibatkan oleh panas tinggi. Air kelapa muda mengandung berbagai macam ion yang bisa menggantikan ion tubuh yang hilang saat sakit. Selain itu, air kelapa muda juga bisa menetralisir racun pada demam menggigil yang diakibatkan oleh keracunan makanan.

3. Pisang

Buah penurun panas yang selanjutnya adalah buah pisang. Pisang mengandung banyak karbohidrat dan kalium yang berkhasiat untuk mengatasi demam dan muntah. Tak hanya itu saja, mengonsumsi pisang juga dapat memberikan rasa nyaman dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak pada demam yang disertai hidung tersumbat.

4. Jeruk

Jeruk menjadi buah penurun panas berikutnya yang mengandung banyak air dan vitamin C. Air yang terkandung pada jeruk bisa mengatasi dehidrasi dan vitamin C-nya berkhasiat untuk membuat kekebalan tubuh semakin meningkat. Jika menggunakan jeruk nipis maka selain membantu menurunkan panas juga air perasannya bermanfaat untuk mengatasi demam yang diakibatkan oleh radang tenggorokan.

5. Semangka

Semangka memiliki rasa manis dan sangat menyegarkan ketika dikonsumsi karena semangka mengandung air sebanyak 91%. Selain air, semangka juga mengandung karbohidrat dan vitamin B kompleks yang bisa mengatasi demam sakit kepala dan badan pegal.

6. Buah Naga

Saat ini buah naga sudah banyak dikenal sehingga mudah dicari. Buah dengan rasa yang khas ini mengandung banyak nutrisi yang berkhasiat untuk menurunkan panas pada anak. Selain itu, buah naga juga sangat bermanfaat untuk penderita tekanan darah tinggi.

Baca juga  Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol dan Cara Mengolahnya yang Benar

7. Tomat

Buah tomat yang memiliki warna merah ini bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus penurun panas terlebih dulu. Tomat mengandung kalium yang berkhasiat menurunkan panas. Selain itu, buah ini mengandung likopen yang juga bermanfaat untuk mencegah kanker.

8. Alpukat

Buah yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat karena berbagai macam kandungan yang ada di dalamnya. Buah penurun panas anak yang satu ini mengandung anti oksidan dari karetinoid tinggi untuk berbagai macam demam. Tak hanya itu saja, alpukat juga mengandung vitamin A, C, E, dan K. Selain untuk menurunkan panas, kandungan magnesium, zat besi, dan fosfor bermanfaat untuk demam karena diare.

9. Mangga

Mangga termasuk buah yang juga mengandung banyak air. Selain itu, mangga juga banyak mengandung vitamin C yang berkhasiat untuk menurunkan panas paling ampuh dan aman untuk anak.

10. Melon

Buah penurun panas terakhir yang cocok untuk dikonsumsi adalah melon. Melon berkhasiat untuk orang yang sakit demam dan pusing karena melon mengandung air, vitamin E, dan vitamin A.

Itulah sedikit ulasan tentang buah penurun panas paling ampuh dan aman untuk anak. Selamat mencoba.

Artikel Menarik Lainnya :

Baca juga  Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol dan Cara Mengolahnya yang Benar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.