Sep 19

Begini Enam Cara Mengobati Batuk Berdahak Pada Ibu Hamil Paling Aman

Cara menyembuhkan batuk berdahak – Batuk berdahak sebenarnya bukanlah suatu penyakit. Sebenarnya batuk berdahak merupakan suatu cara alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari dahak agar dapat bernafas dengan lebih lega. Umumnya batuk berdahak disebabkan karena flu dan pilek. Batuk berdahak juga bisa menyerang siapa saja termasuk ibu hamil. Cara menyembuhkan batuk berdahak pada ibu hamil perlu dilakukan dengan sebaik mungkin.

Jangan sampai asal – asalan. Bahkan dalam penggunaan obat tidak dianjurkan ibu hamil mengonsumsi obat batuk berdahak sembarangan karena tidak semua obat batuk berdahak aman untuk ibu hamil. Berikut beberapa cara mengobati batuk berdahak pada ibu hamil yang paling aman untuk dilakukan.

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Pada Ibu Hamil

Jangan dulu Anda mencari obat batuk berdahak di apotek jika belum melakukan pertolongan pertama dengan cara alami atau memanfaatkan bahan – bahan herbal. Cara menghilangkan batuk berdahak ketika hamil yang dapat Anda terapkan adalah sebagai berikut :

  • Upayakan untuk mandi dengan air panas. Uap air panas ini dapat membantu Anda melegakan sesak nafas nantinya
  • Berkumurlah dengan air hangat yang diberi garam untuk dapat membantu meringankan radang tenggorokan atau batuk.
  • Oleskan balsem atau minyak gosok pada dada untuk menghangatkan atau mengoleskan juga area dibawah hidung.
  • Konsumsi sup ayam hangat karena hal ini dapat membantu Anda melegakan hidung tersumbat serta membantu mengurangi radang.
  • Konsumsi teh decaffeinated atau rendah kafein kemudian tambahkan lemon dan madu ke dalamnya. Minuman ini dipercaya dapat membantu Anda meringankan radang tenggorokan.
  • Gunakan bantal yang ditumpuk cukup tinggi ketika tidur supaya posisi kepala lebih tinggi. Posisi ini berguna karena cairan dahak pada tenggorokan ibu hamil yang mengalir saat tidur bisa menyebabkan iritasi pada area dinding tenggorokan
Baca juga  Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Dengan Jeruk Nipis Aman Untuk Anak, Dewasa Dan Ibu Hamil

Cara menyembuhkan batuk berdahak

Selain cara alami diatas, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa bahan herbal di bawah ini sebagai cara menyembuhkan batuk berdahak secara alami pada ibu hamil. Bahan – bahan yang dapat Anda manfaatkan diantaranya :

Teh jahe dan madu

Selain dikenal sebagai rempah yang berkhasiat dalam menghangatkan tubuh, jahe juga dikenal sebagai bahan alami yang aman dan ampuh dalam mengobati batuk berdahak. Karena sifat alaminya, jahe tak memiliki dampak negatif bagi ibu hamil dan janin sehingga salah satu cara menyembuhkan batuk berdahak yang dapat dilakukan dan aman untuk ibu hamil adalah dengan mengonsumsi teh jahe dan madu.

Untuk membuat jahe sebagai salah satu bahan mengobati batuk berdahak pada ibu hamil, Anda perlu coba rebus jahe dengan air sampai mendidih untuk mendapatkan sari jahenya. Tunggu sampai hangat dan tambahkan madu sebagai pemanis alami. Konsumsi teh jahe dengan madu selagi hangat untuk melegakan tenggorokan Anda yang gatal karena batuk.

Ramuan jahe dan daun sirih

Cara mengobati batuk berdahak pada ibu hamil yang lain juga dapat Anda terapkan adalah dengan mengonsumsi ramuan jahe dan daun sirih. Coba untuk Anda rebus jahe dengan daun sirih sampai mendidih. Kemudian tunggu sampai hangat dan minum rebusan selagi hangat. Daun sirih ini bersifat antiseptik alami bersama jahe dimana nantinya juga bisa membantu dalam mengurangi rasa gatal di tenggorokan sekaligus dapat membantu menghangatkan tubuh Anda.

Baca juga  Lima Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Dan Flu Secara Alami, Dapatkan Kesehatan Dengan Bahan Alami

Air asam jawa

Air asam jawa sangat bagus untuk dijadikan sebagai obat batuk herbal untuk ibu hamil. Anda bisa buat ramuan obat batuk berdahak dari asam jawa dengan merebus asam jawa kemudian tambahkan sedikit gula jawa. Akan tetapi bagi ibu hamil yang mengalami maag, hati – hati dalam penggunaan atau pengonsumsian obat ini.

Jika dengan cara menghilangkan batuk berdahak ketika hamil diatas masih tidak memberikan efek sembuh bahkan lebih dari 1 minggu, segera periksakan ke dokter. Karena bisa jadi batuk yang Anda alami karena indikasi penyakit lainnya dalam diri Anda. GWS bunda!

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.