Sep 11

Cara Mengobati Luka Bakar Melepuh Biar Kering Tanpa Bekas

Penanganan Luka Bakar Melepuh – Cara mengobati luka bakar melepuh harus diketahui oleh semua orang agar bisa melakukan pertolongan pertama ketika diri sendiri atau bahkan orang lain yang mengalami hal tersebut. Luka bakar memang terlihat sepele namun jika cara mengobati luka bakar melepuh tidak dilakukan dengan benar maka bisa saja luka bakar akan meninggalkan bekas pada kulit.

Luka bakar cukup sering dialami oleh siapa saja, terutama bagi mereka yang suka memasak, luka bakar yang disebabkan oleh cipratan minyak panas bukan menjadi hal baru. Luka bakar ringan yang biasanya didapatkan karena memasak bisa disembuhkan dengan mudah. Jika biasanya mengobati luka bakar menggunakan obat, tidak ada salahnya jika mengobati dengan cara yang alami.

Luka bakar merupakan kerusakan yang terjadi pada kulit karena panas, baik bersumber dari api atau listrik. Mengalami luka bakar dapat menimbulkan gejala kulit yang menjadi kemerahan, kulit mengelupas, menimbulkan gelembung yang berisi cairan atau luka melepuh, kulit hangus, dan pembengkakan.

Cara Mengobati Luka Bakar Melepuh

Cara Mengobati Luka Bakar Melepuh

Mengobati Luka Bakar Melepuh dengan Putih Telur

Ketika luka bakar tidak segera ditangani maka bukan hal yang aneh jika menimbulkan iritasi atau luka bakar melepuh dan berair. Cara mengobati luka bakar melepuh dengan bahan alami sangatlah mudah, Anda bisa menggunakan putih telur. Selain mudah, menggunakan putih telur juga terbilang murah.

Baca juga  Bahaya Makan Mie Instan Mentah yang Mematikan

Cara mengobati luka bakar melepuh menggunakan putih telur sangat mudah. Untuk langkah pertama pisahkan putih telur dengan kuningnya. Setelah itu oleskan pada area kulit yang mengalami luka bakar dan diamkan selama 60 menit sampai kulit mengeras. Jika sudah, basuh dengan air biasa dan jika masih terasa sakit, Anda bisa mengulanginya sampai luka bakar sembuh.

Mengobati Luka Bakar Menggelembung atau Melepuh dengan Kentang

Tak hanya putih telur, Anda juga bisa menggunakan kentang untuk mengobati luka bakar. Car mengobati luka bakar melepuh menggunakan kentang sangat mudah. Kupas terlebih dulu kentang yang akan digunakan dan cuci sampai bersih. Jika sudah, potong kentang menjadi beberapa bagian lalu oles pada bagian kulit yang mengalami luka bakar. Saat melakukan cara ini, pastikan kentang mengeluarkan sarinya ketika dioleskan pada luka. Setelah itu diamkan beberapa saat lalu cuci hingga bersih.

Mengobati Luka Bakar dengan Mengguyur Air dan Salep

Selain cara di atas, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk luka bakar melepuh dan berair. Cara mengobati luka bakar yang menggelembung yaitu mengguyur luka bakar dengan air yang mengalir atau air keran selama kurang lebih 20 – 30 menit. Setelah itu buka atau lepas apa saja yang terpasang atau menutupi luka, misalnya cincin, jam tangan, atau yang lainnya.

Setelah mengguyur luka, oleskan salep luka bakar pada luka bakar. Pilih salep yang mengandung ekstrak plasenta dan antibiotik yang membuat proses penyembuhan menjadi lebih cepat dan mencegah terjadinya infeksi. Jika luka bakar yang dialami menimbulkan rasa nyeri, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol.

Baca juga  Bahaya Makan Mie Instan Mentah yang Mematikan

Pantangan dan Anjuran Saat Mengalami Luka Bakar Melepuh

Ketika mengalami luka bakar, yang perlu diingat adalah jangan mengoles luka bakar dengan kopi, tepung, pasta gigi, atau bahan-bahan lain karena bisa memicu risiko adanya infeksi. Selain itu, Anda juga tidak boleh memecahkan kulit yang melepuh karena hal ini juga dapat meningkatkan risiko infeksi.

Jika Anda mengalami luka bakar yang luas atau mengenai kulit wajah, tangan, lengan, kaki, atau bahkan alat kelamin, dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit agar mendapatkan perawatan yang lebih lanjut.

Setelah Anda sudah mengobati luka bakar namun tetap tidak ada hasil yang memuaskan, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter, dokter spesialis bedah, atau dokter spesialis kulit agar bisa dievaluasi dan ditangani lebih lanjut. Setelah dokter sudah memastikan bahwa tidak ada kondisi yang berbahaya dan berpotensi mengancam nyawa, dokter akan fokus pada perawatan luka bakar. Perawatan tersebut dilakukan untuk meminimalisir terjadinya infeksi, kehilangan panas tubuh yang berlebihan, dan mencegah terjadinya kerusakan jaringan yang lebih dalam.

Itulah sedikit ulasan tentang cara mengobati luka bakar melepuh. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel kami.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.