Agu 15

Mengenal Gejala Kanker Getah Bening yang Patut Diwaspadai

Gejala Kanker Getah Bening – Tentu anda tidak akan lupa dengan beberapa riwayat kesehatan dari artis yang terkena kanker getah bening. Sedikit memang yang mengenali kanker getah bening ini. Maka dari itu mengenal gejala kanker getah bening memanglah patut dilakukan. Hal ini tidak lain untuk memberi penanganan cepat dan tepat.

Ciri-ciri kanker getah bening yang umum terjadi adalah adanya benjolan di leher bagian kiri dan kanan. Tetapi bukan hanya itu, ada beberapa gejala awal kanker getah bening yang juga harus diwaspadai. Kanker getah bening merupakan jenis kanker ganas yang bisa menyerang suatu sistem limfatik. Sementara kemungkinan untuk pasien bisa sembuh dari kanker ini tentu tergantung pada tahap serta stadium kanker yang ia alami.

Inilah Beberapa Gejala Kanker Getah Bening yang Harus Anda Tahu

Gejala Kanker Getah Bening

  1. Bengkak di Daerah Kelenjar Getah Bening

Gejala kanker getah bening yang pertama adalah adanya bengkak di daerah kanker getah bening. Awalnya akan ada bengkak atau benjolan terutama di daerah tubuh yang terdapat kelenjar getah bening. Biasanya ada di sekitar leher, ketiak bahkan pangkal paha. Belum tentu jika leher bengkak adalah limfoma. Untuk limfoma memang benjolannya biasanya lebih dari satu atau seperti bergerombol tetapi tidak terasa sakit.

  1. Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan adalah gejala awal kanker getah bening yang juga patut diperhatikan. Apalagi penurunan berat badan yang tanpa sebab. Hal ini jelas perlu diwaspadai sebagai limfoma. Biasanya untuk penurunan berat badan lebih dari persen dan setidaknya terjadi kurang lebih selama 6 bulan. Dengan adanya ciri-ciri gejala kanker getah bening ini anda bisa lebih mewaspadainya.

  1. Demam

Apabila anda mengalami demam yang tidak wajar, sebaiknya segera memriksakan diri. Misalnya saja demam yang tidak terlalu tinggi tetapi timbul tenggelam. Kondisi ini berlangsung cukup lama dan membuat anda tidak nyaman karena mengganggu aktivitas. Ciri-ciri kanker getah bening ini tidak bisa diremehkan. Sebaiknya anda periksakan ke pihak kesehatan atau dokter terdekat. Bisa juga mengunjungi dokter spesialis yang memang ahli dalam bidang ini.

  1. Berkeringat Malam Hari

Tentu bukan suatu hal yang wajar jika anda sering mengalami kondisi berkeringat pada malam hari. Hal ini adalah gejala limfoma. Berkeringat bukan karena aktivitas fisik tetapi karena metabolisme sel yang terganggu. Biasanya juga disertai dengan kondisi meriang dari malam hingga dini hari dan tubuh juga terasa gatal-gatal. Lain lagi jika anda memang suka berolahraga ataupun melakukan aktifitas yang berat di malam hari, tentu ini merupakan pertanda yang baik untuk tubuh.

  1. Kelelahan

Gejala awal kanker getah bening adalah kondisi tubuh yang selalu merasa kelelahan. Padahal jika dilihat lagi anda tidak melakukan aktivitas fisik yang berat. Pasien limfoma biasanya akan merasa sangat lelah atau lemah seperti misalnya nafasnya yang pendek dan sullit bernapas ketika adanya aktivitas sedikit tinggi. Banyak orang yang mengabaikan hal seperti ini, padahal jika dibiarkan terlalu lama pasti akan kurang baik untuk kesehatan tubuh anda.

Baca juga  Waspadai Gejala Kanker Tenggorokan yang Paling Umum Ini
  1. Perut yang Terasa Penuh

Gejala kanker getah bening yang terakhir adalah perut yang terasa nyeri atau tidak nyaman. Selain itu, perut anda akan terasa penuh meskipun tidak mengkonsumsi makanan dalam porsi yang banyak. Jika gejala ini muncul terus – menerus dan sering sebaiknya anda bisa segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Selain itu, nantinya dokter bisa mengidentifikasi penyakit apa yang sedang anda alami sehingga memberikan efek tersebut.

Gejala kanker getah bening bisa dideteksi sendiri jika anda perhatikan lebih dalam lagi. Ada beberapa kondisi yang bisa anda rasakan. Selain itu juga dengan mengetahui ciri-ciri kanker getah bening ini, anda bisa segera mengetahui tindakan atau penanganan selanjutnya. Gejala awal kanker getah bening bisa muncul dan menyerang siapa saja. Kenali sejak dini dan segera dapatkan pengobatan agar kesempatan untuk sembuh dari kanker getah bening bisa lebih besar dan cepat.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.