Mar 09

Kenali Gejala Kanker Serviks Stadium Awal

Gejala Kanker Serviks Stadium AwalKesehatan adalah hal utama yang harus dijaga. Baik dari pola hidup maupun pola makan tentu mempengaruhi kesehatan kita. Salah satu yang sering disarankan adalah termasuk menjaga kesehatan alat vital. Terutama bagi perempuan, kebersihan dan lingkungan adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatannya. Tidak ada salahnya untuk mengenali gejala kanker serviks stadium awal. Mengapa? Karena kanker serviks sering menyerang para wanita.

Ciri-ciri kanker serviks stadium awal haruslah diketahui bagi tiap wanita. Hal ini untuk segera adanya penanganan dan pengobatan agar tidak berkembang lagi. Gejala kanker serviks stadium awal salah satunya adalah nyeri panggul. Tidak hanya itu, masih ada beberapa gejala awal kanker serviks yang bisa anda deteksi untuk segera ditangani.

Gejala Kanker Serviks Stadium Awal yang Perlu Anda Tahu

Gejala Kanker Serviks Stadium Awal

Banyak yang tidak mengetahui atau menganggap remeh gejala kanker serviks stadium 1 ini. Padahal, dengan mengetahuinya, terutama untuk para wanita bisa segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu cepat pula penanganan yang bisa diberikan agar tidak terlambat atau menjalar terlalu jauh.

Berikut ini beberapa gejala atau tanda-tanda kanker serviks stadium awal yang bisa menyerang para wanita :

Pendarahan Vagina

Gejala awal kanker serviks yang pertama adalah pendarahan pada vagina yang tidak beraturan. Jika Anda merasakan gejala kanker serviks stadium 1 ini, lebih baik bisa mengantisipasi sesegera mungkin. Pendarahan bisa terjadi antara periode mesntruasi atau bahkan setelah berhubungan intim dengan pasangan. Pendarahan ini terjadi pada wanita yang sudah menopause. Kondisi ini adalah tanda atau ciri-ciri kanker serviks stadium awal yang paling umum terjadi.

Baca juga  Ciri-Ciri Kanker Rahim, Yuk Kenali Gejalanya Sejak Dini!

Keputihan yang Berair

Gejala awal kanker serviks berikutnya adalah wanita yang mengalami keputihan yang berair. Bahkan keputihan ini juga bercampur darah dan menjadi gejala kanker serviks. Bisa pula keputihan ini disertai dengan bau busuk berwarna jernih dan kecokelatan. Ketika Anda mengalami hal ini, lebih baik untuk segera memeriksakan diri ke dokter, sebab keputihan yang berair merupakan gejala awal kanker serviks. Jangan sampai penanganannya menjadi terlambat sehingga kanker lebih cepat menyebar.

Nyeri Panggul

Nyeri panggul yang dialami wanita dengan ciri-ciri kanker serviks stadium 1 ini tidak biasa. Sering terjadi pada saat berhubungan seksual. Jika nyeri panggul yang dirasakan tidak sebentar serta menyakitkan, maka segera periksakan diri ke dokter. Nyeri panggul sering dikatakan sebagai gejala kanker serviks stadium 1. Maka dari itu jangan remehkan gejala seperti ini bagi kesehatan Anda.

Sulit Buang Air Kecil dan Besar

Gejala kanker serviks stadium awal berikutnya adalah susah untuk buang air kecil atau besar. Anda akan merasa kesulitan untuk melakukan aktivitas tersebut. Padahal dari BAB atau buang air kecil ini adalah cara tubuh untuk mengeluarkan racun yang ada. Jika dirasa sudah terlalu lama dan menyakitkan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter agar cepat menerima penanganan yang ada.

Kebanyakan orang yang sudah terinfeksi HPV memang tidak mengalami gejala awal kanker serviks yang sudah disebutkan. Namun ada juga beberapa virus HPV yang bisa memunculkan gejala seperti misalnya kutil kelamin. Maka dari itu, ketika ciri-ciri kanker serviks stadium awal ini muncul, biasanya akan diikuti dengan tanda lainnya, seperti adanya penurunan berat badan yang drastis, tubuh merasa lemah serta adanya pembengkakan salah satu atau bahkan kedua kaki.

Baca juga  Penyebab Kanker Usus Paling Umum, Hindari Mulai Sekarang!

Ketahui gejala awal kanker serviks yang bisa menyerang setiap wanita. Selain itu jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan terutama di daerah kewanitaan. Karena hanya dari diri sendirilah kebersihan bisa terjaga. Seperti misalnya seringlah mengganti pembalut ketika ada pada masa haid.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.