Jan 18

Jumlah Gigi Orang Dewasa dan Anak-Anak, Berapa ya!

Jumlah Gigi Orang Dewasa dan Anak-Anak – Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki fungsi penting dalam proses pencernaan. Gigi akan berperan sebagai penghancur makan dengan cara mengunyah dan mengoyak sebelum akhirnya makanan disalurkan ke lambung untuk di proses lebih lanjut. Selian fungsi tersebut, gigi juga memiliki peranan penting pada kemampuan dan juga kejelasan berbicara. Karena itulah, para balita yang masih belum tumbuh gigi atau juga sudah tumbuh tetapi keropos, serta para lansia yang tidak mempunyai gigi akan kesulitan untuk berbicara secara jelas.

Tetapi tahukah Anda berapakah jumlah gigi sebenarnya yang biasany tumbuh pada gusi? Mungkin sebagian Anda sudah mengetahui hal ini, tetapi tak jarang juga banyak yang masih belum tahu betul berapa jumlah gigi yang tumbuh digusinya. Berikut ini kami ulaskan lebih mendetail mengenai jumlah gigi orang dewasa dan anak-anak yang perlu Anda tahu.

Jumlah Gigi Orang Dewasa dan Anak-Anak

Jumlah Gigi Orang Dewasa

Jumlah gigi orang dewasa dan anak-anak berbeda jumlahnya. Gigi pada anak sendiri disebut dengan gigi susu. Sementara untuk gigi pada orang dewasa disebut dengan gigi tetap. Jumlah gigi orang dewasa normalnya sebanyak 32 buah. Sedangkan jumlah gigi pada anak-anak berjumlah 20 buah saja.

Mengenai gigi dewasa atau gigi tetap ini sendiri akan mulai tumbuh mulai usia 12-14 tahun dimana jumlah awalnya sebanyak 28 buah. Disusul dengan tumbuhnya 4 gigi lagi pada seseorang berusia 17 sampai 21 tahun. 4 gigi yang tumbuh belakangan ini sendiri disebut dengan gigi bungsu. Saat semua gigi tetap ini tumbuh merata, maka jika ada salah satu atau beberapa yang copot maka tidak akan pernah tumbuh lagi. Berbeda saat masih anak-anak yang mulanya adalah gigi susu, ketika copot maka masih bisa tumbuh lagi.

Baca juga  Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras, Para Dokter Menyarankannya!

Jumlah gigi orang dewasa sebanyak 32 buah tersebut terdiri dari beberapa jenis. Berikut ini jenis-jenis gigi orang dewasa yang perlu Anda tahu :

Gigi Seri

Gigi seri pada orang dewasa berjumlah 8 buah dan letaknya berada di tengah-tengah deretan gigi. Dimana gigi seri ini terdiri dari 4 buah gigi dibagian rahang atas dan 4 buah lagi dibagian rahang bawah.

Gigi Taring

Selanjutnya adalah gigi taring yang jumlahnya sebanyak 4 buah. Gigi taring ini sendiri letaknya berdampingan dengan gigi seri, dimana 2 buah berada dibagian rahang atas dan 2 lagi berada dibagian rahang bawah. Gigi taring memiliki fungsi untuk merobek makanan.

Gigi Geraham

Jenis gigi orang dewasa selanjutnya adalah gigi geraham yang berjumlah 8 buah. Letak dari gigi geraham ini berada dibagian belakang gusi, dimana fungsinya adalah sebagai pengunyah makanan.

Gigi Premolar

Untuk jenis gigi yang satu ini berada diantara gigi geraham dan gigi taring, yang berarti letaknya diapit oleh kedua jenis gigi tersebut. Jumlah gigi premolar ini sendiri berjumlah 8 buah.

Gigi Bungsu

Terkahir adalah gigi bungsu yang berjumlah 4 buah dan letaknya berada di paling belakang gusi, tepatnya di belakang gigi geraham. Gigi bungsu biasanya akan mulai tumbuh pada saat seseorang berusia 18 tahun. Tetapi juga, tak jarang keberadaan gigi bungsu ini mengganggu posisi gigi lainnya sehingga Andaharus mencabutnya dengan jalan operasi.

Baca juga  7 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh di Apotik, Dosis dan Cara Konsumsinya
Jumlah Gigi Orang Dewasa

Gambar via http://eventisanmarino.com

Setelah mengetahui jumlah gigi orang dewasa dan anak-anak diatas, ada baiknya Anda juga mengetahui informasi lain mengenai gigi. Dalam hal ini adalah bagian-bagian yang ada pada gigi kita.

Berikut informasi lengkap mengenai bagian pembentuk gigi yang perlu Anda tahu :

Enamel dan dentin

Enamel adalah bagian terluar pada gigi yang biasanya berwarna putih dan juga biasa disebut dengan email gigi. Enamel atau email gigi ini sendiri terbentuk dari mineral keras bernama kalsium fosfat. Sementara untuk dentin sendiri, ada dibawah lapisan enamel yang terbuat dari sel hidup, dimana sel hidup tersebut yang nantinya mengeluarkan zat mineral keras.

Pulpa

Bagian pembentuk gigi selanjutnya bernama pulpa, dimana ini adalah tempat berkumpulnya saraf dan pembuluh darah. Karena fungsi tersebutlah, pulpa memiliki tekstur yang lebih lembut.

Sementum dan Ligamen Periodontal

Dan yang terakhir adalah sementum dan ligamen periodontal. Sementum adalah lapisan ikat yang terdapat pada gigi dan memiliki fungsi sebagai pengikat akar gigi sehingga bisa menempel erat pada tulang rahang dan gusi. Sementara ligamen periodontalnya berfungsi sebagai jaringan penguat sehingga gigi bisa lebih erat menempel pada tulang rahang.

Sekarang sudah tahu bukan berapa jumlah gigi orang dewasa dan anak-anak, beserta informasi mengenai gigi lainnya? Penting tentunya mengetahui hal tersebut agar pengetahuan Anda lebih luas saat Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak. Anda bisa memberikan pengetahuan pada anak Anda nanti.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.