Sep 08

6 Makanan Pantangan Rematik yang Wajib Dihindari

Makanan Pantangan Rematik – Makanan pantangan rematik sebaiknya diketahui oleh semua orang agar bisa lebih berhati-hati ketika mengonsumi makanan. Hal ini harus diperhatikan karena rematik merupakan salah satu penyakit yang gejalanya sangat menyakitkan. Penyakit ini memang lebih sering menyerang orang yang berusia lanjut namun saat ini banyak diketahui jika ada juga mereka yang masih muda mengalami rematik.

Tak sedikit orang yang mengeluh tentang rematik namun meskipun berobat tetap saja tidak mengetahui makanan pantangan rematik sehingga keluhan masih saja ada dan terus kambuh. Agar rematik tidak terus kambuh, sebaiknya anda menghindari semua pantangan rematik dan obatnya dikonsumsi secara teratur. Selain itu, membiasakan pola hidup sehat juga sangat perlu untuk dilakukan.

Makanan Pantangan Rematik yang Harus Dihindari

Makanan Pantangan Rematik

Banyak yang mengira jika rematik hanya memiliki satu jenis saja, namun sebenarnya rematik memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis rematik yaitu Osteoartritis, Polimialga Reumatik, Artritis Rematoid dan Artritis gout. Penyakit ini bisa dicegah agar tidak bertambah parah dan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengetahui makanan pantangan rematik.

Tomat

Makanan pantangan rematik yang pertama adalah tomat yang merupakan buah dengan banyak kandungan gizi. Namun tomat menjadi makanan pantangan rematik karena adanya zat purin tinggi yang bisa menyebabkan ngilu tulang. Selain tomat, daging sapi juga menjadi salah satu makanan penyebab rematik kambuh.

Baca juga  Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengobati Scabies Pada Kulit

Daging Sapi

Daging sapi merupakan salah satu jenis makanan yang susah dihindari namun ketika sudah menderita rematik, mau tidak mau harus menghindari daging sapi. Hal ini bisa terjadi karena daging memiliki zat purin dan lemak jenuh yang tinggi pada lemak putihnya. Mengonsumsi daging terlalu banyak selain membuat rematik kambuh juga akan meningkatkan risiko penyakit kolesterol. Tak hanya itu saja, daging juga mengandung fosfor yang tinggi sehingga tidak bagus untuk penderita rematik karena sendi tulang sudah terserang dan fosfor yang terus masuk bisa menghilangkan kalsium yang ada di tulang.

Kacang-kacangan

Makanan penyebab rematik kambuh yang lain adalah kacang-kacangan dan olahannya, seperti kacang tanah, kacang merah, kacang polong, kacang panjang, susu kedelai, susu kacang, buncis.

Jeroan hewan

Penderita rematik juga tidak boleh mengonsumsi jeroan. Jeroan mungkin akan sulit untuk dihindari karena memang rasanya yang sangat nikmat. Namun Anda harus bisa menahan diri untuk tidak mengonsumsi jeroan agar rematik tidak kambuh.

Kandungan lemak jenuh yang tinggi menjadi alasan dari pantangan penyakit ini. Selain itu memang jeroan juga tidak memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan jeroan juga mengandung zat purin tinggi. Selain menjadi makanan penyebab rematik kambuh, jeroan juga bisa memicu penyakit yang lain, seperti kolesterol dan obesitas. Berbagai macam jenis jeroan yang harus dihindari adalah usus, hati, ampela, paru, otak, dan jantung.

Baca juga  Kenali Gejala Kanker Serviks Stadium Awal

Makanan kalengan

Makanan kalengan juga sangat tidak disarankan dikonsumsi oleh penderita rematik. Alasannya tidak jauh berbeda dengan makanan penyebab rematik kambuh yang lain yaitu karena zat purin yang dimiliki makanan kalengan juga tinggi.Selain daging merah atau daging sapi, daging kambing dan bebek juga menjadi pantangan rematik karena zat purin yang terkandung di dalamnya tergolong tinggi. Tak hanya itu saja, ikan yang memiliki manfaat bagus untuk kesehatan juga harus dihindari untuk penderita rematik. Memang tidak semua ikan namun harus tetap bisa memilih agar tubuh tetap sehat tanpa ada kandungan yang akan merugikan kesehatan.

Jenis Seafood

Anda yang gemar mengonsumsi seafood juga harus segera berhenti atau menguranginnya sedikit demi sedikit agar rematik tidak kambuh. Ada berbagai jenis seafood yang bisa memicu adanya gejala rematik, seperti kepiting dan udang. Tak hanya ketika mengonsumsi ikan atau seafood, Anda juga harus lebih pintar memilih sayuran karena ada beberapa sayuran yang bisa membuat rematik Anda kambuh. Sayuran yang menjadi pantangan seperti, bayam, jamur, kembang kol, kangkung, dan sawi.

Kebiasaan yang Dapat Memicu Penyakit Rematik

Kebiasaan yang Dapat Memicu Penyakit Rematik

Selain konsumsi makanan, ada beberapa aktivitas yang juga memicu terjadinya rematik, seperti mandi malam, merokok, mengonsumsi alkohol, mengangkat beban berat, duduk terlalu lama, berjalan jauh dan berdiri lama, dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga  Jus Buah untuk Penderita Maag dan Khasiat Terbaiknya

Agar tidak terserang rematik atau rematik yang diderita tidak kambuh lagi, tidak ada salahnya jika memperbaiki pola makan dan menerapkan pola hidup sehat.

Itulah sedikit ulasan tentang makanan pantangan rematik. Semoga bermanfaat dan salam sehat.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.