Agu 18

Obat Batuk Pilek untuk Orang Dewasa yang Bagus di Apotek

Obat Batuk Pilek – Obat batuk pilek untuk orang dewasa selalu menjadi pilihan ketika sakit batuk pilek menyerang. Adanya penyakit batuk pilek pasti akan mengganggu segala aktivitas yang sedang dilakukan. Selain kondisi badan yang menurun, tak jarang kepala juga terasa sakit ketika pilek. Jika sudah begitu, obat batuk pilek untuk orang dewasa akan dicari agar sakit yang diderita bisa segera sembuh dan aktivitas bisa kembali berjalan dengan lancar.

Penyakit pilek umum diderita siapa saja, baik itu anak-anak maupun yang sudah dewasa. Tak jarang pilek biasanya diatasi dengan obat pilek yang bisa dengan mudah didapatkan di toko atau apotek. Hal tersebut dilakukan karena seseorang berpikir tidak perlu memeriksakan ke dokter karena sakit pilek yang bisa sembuh dengan membeli obat sendiri.

Obat Batuk Pilek untuk Orang Dewasa

Obat Batuk Pilek untuk Orang Dewasa

Pilek disebabkan oleh virus yang mengakibatkan infeksi saluran pernapasan bagian atas. Gejala pilek mudah diketahui, seperti hidung meler atau tersumbat, terasa sesak, tenggorokan terasa sakit, suara menjadi serak. Gejala pilek dan flu (influenza) jelas berbeda karena flu memiliki gejala yang lebih sistemik seperti demam, batuk, menggigil, dan nyeri pada otot atau tubuh.

Obat batuk pilek untuk orang dewasa jarang sekali ada dalam satu obat. Oleh karena itu, obat batuk dan pilek biasanya dihadirkan terpisah. Obat pilek yang tersedia biasanya hanya berpotensi memperkecil gejala dari pilek. Sedangkan obat batuk yang bisa digunakan di antaranya:

Baca juga  6 Makanan Pantangan Rematik yang Wajib Dihindari

1. Dextromethorphan (Vicks 44, Robitussin, Delysm, dan masih banyak yang lainnya)

Obat dengan kandungan Dextromethorphan ini tidak boleh dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang melakukan pengobatan dengan konsumsi obat-obatan penekan saraf pusat. Obat-obatan penekan saraf pusat misalnya obat penenang, obat golongan opiat, atau yang lain. Selain itu, obat ini juga tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak dengan usia di bawah 4 tahun.

2. Guaifenesin (Robitussin, Mucinex, dan yang lainnya)

Kandungan ini adalah sebuah ekspektoran atau pengencer lendir yang berada di bronkus atau saluran pernapasan. Efek dari obat dengan kandungan Guaifenesin akan membuat batuk lebih banyak untuk mengeluarkan lendir. Setelah itu, intensitas dan frekuensi batuk akan berkurang saat lendir dibersihkan. Hidrasi yang cukup akan membuat efek Guaifenesin menjadi lebih meningkat.

Penyebab Batuk Pilek

1. Penyebab Pilek

Penyebab pilek yang paling umum adalah karena adanya kelompok virus HRV atau Human rhinovirus. Selain virus HRV, pilek juga bisa disebabkan oleh corobavirusm adenovirus, human parainfluenza virus (HPIV), dan respiratory syncytial virus (RSV). Virus yang masuk ke tubuh bisa melalui hidung, mulut, atau bahkan mata sebelum melakukan inkubasi dan menimbulkan gejala.

Virus tersebut bisa masuk tanpa disengaja dengan berbagai cara, bisa melalui bersin, batuk, atau yang lainnya. Selain itu, virus bisa juga masuk ketika Anda memegang badan penderita pilek atau bahkan benda yang telah terkontaminasi. Selain adanya virus, ada juga faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena pilek, seperti sistem kekebalan tubuh yang rendah, merokok, udara dingin, dan masih banyak lagi.

Baca juga  Lima Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Dan Flu Secara Alami, Dapatkan Kesehatan Dengan Bahan Alami

2. Penyebab Batuk

Batuk pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus setelah mengalami flu atau pilek. Batuk bisa berlangsung selama beberapa minggu atau kadang bisa juga bertambah parah saat malam. Selain itu, penyebab batuk yang lain adalah adanya alergi, terpapar debu, asap, atau bahan kimia di lingkungan kerja. Adanya penyakit asma juga menjadi salah satu penyebab adanya batuk. Penyumbatan jalan napas akibat benda yang terhirup ketika bernapas dan merokok juga bisa menyebabkan batuk.

Perlu diingat bahwa batuk memiliki jenis-jenis yang berbeda dan jika ingin mengobati batuk, maka harus diperhatikan terlebih dulu jenis batuk yang sedang diderita. Karena jenisnya yang berbeda-beda, obat yang digunakan juga berbeda. Obat batuk berdahak dan pilek akan berbeda dengan obat batuk kering atau obat batuk pilek untuk orang dewasa biasa.

Jika dibaca secara seksama, penyebab batuk pilek sangat beragam dan untuk menghindari sakit tersebut caranya sangat mudah. Cukup lakukan pola hidup yang sehat dan konsumsi makanan yang bergizi. Lakukan juga olahraga secara rutin setiap hari.

Itulah sedikit ulasan tentang obat batuk pilek untuk orang dewasa. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.