Agu 16

Obat Batuk untuk Ibu Menyusui Paling Aman di Apotek

Obat Batuk untuk Ibu MenyusuiObat batuk untuk ibu menyusui harus benar-benar dipilih dengan anjuran dokter. Menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, terlebih untuk ibu yang sedang menyusui. Ibu menyusui sangat diharuskan benar-benar menjaga kesehatan karena bayi sedang mengonsumsi ASI. Jika ibu sakit atau terserang virus, maka bayi yang sedang menyusu juga bisa ikut tertular.

Batuk merupakan gejala dan bukan penyakit yang berdiri sendiri. Penyebab batuk cukup beragam, misalnya karena adanya paparan asap, debu, sakit flu yang berujung pada batuk, dan yang lainnya. Untuk mengatasi batuk tersebut, diperlukan obat batuk untuk ibu menyusui.

Pengobatan Batuk Pada Ibu Hamil

Obat Batuk untuk Ibu Menyusui

Ketika terjadi batuk ringan, maka pengobatan yang dilakukan tidak membutuhkan langkah pengobatan yang serius. Yang dibutuhkan hanya berkonsultasi dan membeli obat batuk yang bagus untuk meredakan rasa gatal atau membuat dahak menjadi lebih encer agar mudah dikeluarkan. Namun jika batuk yang dialami masih terus berlangsung, maka yang dibutuhkan adalah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Obat Batuk untuk Ibu Menyusui

Obat Batuk untuk Ibu Menyusui

Tak jarang batuk atau pilek bisa membuat ibu menyusui kebingungan karena kondisi tersebut berpotensi membuat bayi juga ikut tertular. Namun ketika mengonsumsi obat, ibu akan khawatir obat tersebut mempengaruhi ASI. Agar tidak bingung, lebih baik berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan obat batuk yang bagus dan tepat.
Terdapat beberapa obat batuk untuk ibu menyusui, diantaranya:

Baca juga  Bisul di Ketiak : Penanganan Sederhana dan Cara Menyembuhkannya

1. Antihistamin

Obat batuk untuk ibu menyusui yang pertama adalah Antihistamin yang bisa masuk ke dalam ASI dalam kadar yang sedikit. Obat ini tidak memiliki efek buruk kepada bayi sehingga aman untuk dikonsumsi.  Namun demikian, anda harus memperhatikan takaran yang tepat untuk pengkonsumsian obat satu ini. Lebih baik konsultasikan kepada dokter atau bidan kepercayaan anda untuk memastikan takaran yang pas.

2. Dekongestan

Dalam sebuah jurnal sudah disebutkan bahwa pseudoephedrine yang merupakan salah satu bentuk dari Dekongestan aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Namun penelitian tentang Dekongestan tersebut masih terus berlanjut sehingga akan muncul fakta yang akan masih berkembang. Sebagai antisipasinya, gunakan obat batuk untuk ibu menyusui ini dengan takaran yang masih normal.

3. Acetaminophen

Obat ini bisa terdapat dalam bentuk parasetamol dan sampai sejauh ini, pengguna obat Acetaminophen aman dan baik untuk ibu menyusui maupun bayinya.  Konsumsi  obat batuk satu ini agar kesehatan anda dan bayi tetap terjaga. Batuk yang terlalu sering tentunya akan menularkan berbagai bakteri masuk ke tubuh bayi. Sebaiknya pakai masker atau penutup mulut lainnya saat menggendong sang bayi.

Mengonsumsi obat batuk harus disesuaikan dengan dosis yang sudah ditentukan. Pilih obat batuk yang bagus sesuai dengan anjuran dokter dan konsumsi makanan sehat agar tubuh bisa menjadi lebih sehat.

Baca juga  Penyebab Kanker Usus Paling Umum, Hindari Mulai Sekarang!

Penyebab Batuk pada Ibu Menyusui

penyebab batuk pada ibu menyusui

Salah satu penyebab batuk pada ibu menyusui yang paling utama adalah karena infeksi saluran pernapasan yang diakibatkan oleh virus. Namun selain itu, terdapat penyebab lain yang juga harus diketahui. Beberapa penyebab batuk pada ibu menyusui, diantaranya:

1. Adanya penyakit jangka panjang yang kambuh, misalnya asma, PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik), atau bronkitis kronis.

2. Adanya alergi pada hal-hal tertentu, misalnya alergi terhadap bulu kucing, alergi terhadap serbuk sari (hay fever), atau yang lainnya.

3. Penyebab batuk pada ibu menyusui yang selanjutnya adalah GERD yang menyebabkan asam lambung menjadi berkumpul pada esofagus dan memicu batuk.

4. Adanya cairan dari hidung yang menetes ke tenggorokan.

5. Merokok atau menggunakan tembakau dengan cara yang lain.

6. Adanya paparan asap, debu, atau senyawa kimia yang lainnya.

Obat batuk untuk ibu menyusui memang tidak sedikit. Bisa membeli dari apotek atau membuat obat herbal dengan berbagai macam tanaman alami. Namun semua obat tersebut memerlukan konsultasi dengan dokter terlebih dulu agar lebih aman ketika mengonsumsinya.

Itulah sedikit ulasan tentang obat batuk untuk ibu menyusui dan beberapa penyebab batuk pada ibu menyusui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.