Agu 25

Pengertian dan Penyebab Ganglion Paling Umum yang Harus Anda Tahu

Pengertian dan Penyebab GanglionGanglion adalah sejenis tumor kecil yang muncul di tubuh, pada umumnya memiliki ukuran sebesar kacang polong. Tumor kecil ini memiliki bentuk bulat atau oval dan berisi cairan. Rasa sakit sendi di bagian tangan, pergelangan tangan, kaki dan mata kaki akan muncul bersamaan dengan berkembangnya tumor ini. Kelenjar ini akan menimbulkan rasa sakit ketika di tekan.

Biasanya ganglion ini menyerang pria atau wanita yang berumur 20 – 50 tahun. Namun, kasus ini lebih banyak terjadi pada wanita. Lalu, apa saja yang menyebabkan penyakit ganglion ini muncul? Nah, berikut ini pembahasan mengenai ganglion paling umum yang harus Anda tahu.

Pengertian dan Penyebab Ganglion Paling Umum yang Harus Anda Tahu

Penyebab Ganglion

Sudah kita ketahui bahwa ganglion merupakan tumor kecil yang memiliki ukuran sebesar kacang polong yang muncul di tubuh penderita. Biasanya tumor kecil ini berbentuk bulat atau oval dan berisi cairan. Penderita akan merasakan sakit sendi di bagian kaki, pergelangan kaki, pergelangan tangan serta tangan. Penyakit ini juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang bisa meningkat risiko timbulnya ganglion.

Sebenarnya penyebab utama dari ganglion ini masih belum diketahui secara pasti. Diduga penyebab ganglion ini terjadi karena ada trauma pada jaringan sendi yang terurai. Hal inilah yang akan membentuk suatu gumpalan. Gumpalan ini sendiri berkembang melalui jaringan synovial yang mana dapat memproduksi minyak untuk persendian.

Baca juga  Penyebab Infeksi Saluran Kencing dan Cara Menanganinya Paling benar

Oleh karena itu, ganglion ini memiliki kandungan cairan yang hampir mirip pada tendon atau persendian. Pada dasarnya penyakit ini tergolong tidak berbahaya, tetapi dapat pula menyebabkan komplikasi pada beberapa kasus, seperti sakit atau melemahnya otot, tekanan di bagian saraf radial dan arteri radial serta terkena sindrom carpal tunnel.

Penyebab kista ganglion

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko penyebab ganglion yang harus Anda ketahui, antara lain: pertama adalah mengenai faktor umur dan juga jenis kelamin, penyakit ganglion ini dapat dialami oleh pria maupun wanita tetapi penyakit ini lebih sering menyerang wanita pada umur sekitar 20 – 50 tahun.

Penyebab ganglion yang kedua yaitu pada persendian dan tendon akan mengalami luka. Jika penderita pernah mengalami luka di bagian persendian, maka tendon cenderung akan memicu berkembangnya kista. Penyebab selanjutnya adalah penderita Osteoarthritis, biasanya disebabkan oleh buku jari dekat kuku mengalami penurunan sehingga akan berisiko terkena ganglion pada bagian buku jari.

Gejala ganglion ini pada umumnya akan timbul di bagian jari-jari, telapak tangan, pergelangan tangan, kaki dan mata kaki. Tumor yang muncul akan berbentuk oval atau bulat dengan teratur lunak dan terasa kencang. Tumor ini dapat berkembang dalam beberapa bulan saja atau bahkan tidak bisa diprediksi pertumbuhannya. Jika Anda mengalami gejala ganglion tersebut, sebaiknya segera melakukan konsultasi pada dokter untuk mendapat penenangan yang tepat serta agar penyakit tersebut dapat terdeteksi sejak dini dan membantu pencegahannya.

Baca juga  Cara Menurunkan Asam Lambung Paling Aman dan Ampuh

Kista Ganglion

Pengobatan untuk ganglion ini dapat dilakukan apabila penderita sudah merasa sakit, otot mulai melemah dan penyakit ini sudah mulai mempengaruhi penampilan. Dokter akan melakukan tindakan pengangkatan cairan dari kista ganglion ini, ketika tumor sudah membesar dan menyakitkan. Jika kelenjar getah mulai membengkak kembali atau perawatan yang dilakukan tidak efektif, maka akan dilakukan operasi.

Operasi ini merupakan operasi pemotongan ganglion yang diketahui mampu menyembuhkan penderita dari penyebab yang ditimbulkan penyakit tersebut hingga 85 – 95 persen. Efek lain yang ditimbulkan dari prosedur operasi ini bisa menyebabkan komplikasi tertentu, misalnya menimbulkan luka, infeksi sampai kambuhnya penyakit. Namun, setelah melakukan operasi ini bukan berarti ganglion tidak tumbuh lagi. Jadi, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter jika merasa gejala ganglion ini muncul kembali bahkan ketika sudah melakukan operasi.

Dengan melakukan konsultasi dan memeriksakan diri ke dokter ini, penyebab dan gejala dari ganglion ini dapat segera terdeteksi sedini mungkin serta mendapatkan medis dengan tepat. Tindakan tersebut tidak langsung dapat membantu pencegahan terhadap timbulnya ganglion di tubuh Anda.

Demikian ulasan mengenai pengertian dan penyebab ganglion paling umum yang harus Anda tahu. Semoga ulasan ini bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.