Sep 01

Penyebab Batuk Berdarah dan Cara Mengobati Paling Ampuh

Penyebab Batuk BerdarahBatuk darah atau yang disebut hemoptisis adalah kondisi batuk yang disertai dengan darah. Penyebab batuk darah dapat ditimbulkan dari sejumlah kondisi. Jika seseorang yang memiliki riwayat kesehatan baik khususnya pada usia muda, mengalami batuk berdarah biasanya bukan pertanda penyakit serius. Namun, berbeda dengan orang yang berusia lanjut atau perokok, kemungkinan terjadinya batuk berdarah ini gejala penyakit serius.

Kasus batuk darah ini memiliki ciri-ciri darah yang bermacam-macam, seperti warna merah terang atau merah muda, ada yang tekstur darahnya berbusa atau darah yang telah bercampur dengan lendir. Darah tersebut biasanya berasal dari paru-paru yang disebabkan oleh batuk berkepanjangan atau infeksi yang dialami penderita. Jika darah disertai noda hitam dan berwarna gelap kemungkinan dari saluran pencernaan. Apabila kondisi penderita cukup serius maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Pada ulasan ini akan dibahas mengenai penyebab dan cara mengobati batuk berdarah paling ampuh. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Penyebab Batuk Berdarah dan Cara Mengobati Paling Ampuh

Penyebab Batuk Berdarah

Penyebab batuk berdarah bisa terjadi karena beberapa kondisi, antara lain: penyebab yang pertama adalah Bronkitis. Bronkitis yaitu terjadinya peradangan pada jaringan paru-paru, kondisi ini pada umumnya tidak berbahaya atau kadang bisa mengancam nyawa jika serius.

Selanjutnya ada Bronkiektasis, yaitu salah satu jenis dari penyakit paru-paru yang dapat menyebabkan timbulnya batuk darah serta menumpuknya lendir dalam saluran pernapasan. Lalu, ada edema paru atau yang dikenal dengan penumpukan cairan. Penderita edema paru akan mengalami batuk berdarah jika terdiagnosis memiliki jantung yang bermasalah. Darah pada batuk ini biasanya berwarna merah muda dan teksturnya berbusa.

Baca juga  Obat, Penyebab dan Gejala Limfoma yang Sering Diabaikan

Penyebab lainnya adalah infeksi paru, pada kondisi ini penderita akan mengalami batuk berdarah dan mengeluarkan dahak berwarna kekuningan atau keluar nanah, lalu mengalami sesak napas dan demam. Kemudian ada emboli paru atau dikenal dengan penggumpalan darah, biasanya penderita akan mengalami sesak napas secara tiba-tiba dan merasakan nyeri dada.

TBC atau Tuberkulosis bisa menjadi salah satu penyebab batuk berdarah. Penyakit ini merupakan kondisi infeksi paru-paru yang parah. Penderita pada kondisi ini akan mengalami berkeringat berlebihan serta demam. Selain itu, pada penderita kanker paru-paru akan mengalami kondisi batuk berdarah serta sesak napas terutama pada stadium akhir. Luka berat yang dialami oleh seseorang seperti terkena senjata atau kecelakaan lalu lintas juga dapat menimbulkan batuk darah.

Seseorang yang mengalami batuk berkepanjangan yang parah, gagal jantung kongestif, penyakit autoimun seperti granulomatosis Wegener, sindrom Churg-Strauss dan lupus. Lalu, Varises bronkial, efek samping penggunaan narkoba atau obat-obatan pengencer darah, serta pendarahan yang terjadi pada mulut, hidung dan tenggorokan yang bercampur air liur ketika batuk.

Cara Mengobati Batuk Berdarah

Cara mengobati batuk berdarah

Cara penyembuhan batuk berdarah pada umumnya akan didasarkan pada penyebabnya. Ada banyak sekali jenis penanganan yang dapat dilakukan meliputi : memberikan antibiotik pada penderita yang mengalami infeksi paru-paru akibat bakteri, misalnya pneumonia atau tuberkulosis. Lalu, memberikan steroid jika disebabkan oleh radang. Untuk batuk berdarah yang disebabkan oleh kanker paru-paru dapat dilakukan kemoterapi atau terapi radiasi.

Baca juga  Lima Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Dan Flu Secara Alami, Dapatkan Kesehatan Dengan Bahan Alami

Cara lain yang dilakukan adalah embolisasi arteri bronkial untuk batuk berdarah yang disebabkan oleh pendarahan di dalam arteri. Metode embolisasi arteri ini dilakukan dengan cara memblok arteri yang bermasalah, yaitu dengan menggunakan suatu zat atau kumparan logam yang akan mengalihkan peredaran darah ke arteri lain yang memiliki kondisi lebih sehat.

Jika kondisinya sudah terlalu parah maka akan dilakukan operasi, seperti operasi pengangkatan paru-paru apabila penyakitnya sudah parah. Tidak hanya itu, bisa pula dengan melakukan tindakan Bronkoskopi yang bertujuan untuk menghentikan pendarahan. Caranya yaitu dengan mengembangkan balon di jalan napas.

Jika Anda mengalami kondisi batuk berdarah dengan disertai penyebab-penyebab lain, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Sehingga kondisi yang ditimbulkan dapat segera ditangani sedini mungkin dan agar tidak bertambah parah. Banyak sekali cara yang dilakukan untuk menyembuhkan batuk berdarah, namun pengobatannya tetap disesuaikan dengan penyebab atau gejala yang dialami oleh penderita.

Demikian ulasan mengenai penyebab batuk berdarah dan cara mengobatinya paling ampuh. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.