Agu 29

Penyebab Infeksi Saluran Kencing dan Cara Menanganinya Paling benar

Penyebab Infeksi Saluran Kencing – Anda pernah mengalami infeksi saluran kencing? Hal tersebut biasanya disebabkan oleh bakteri yang berkembang di dalam saluran kencing Anda. Tidak hanya bisa terjadi pada laki-laki, infeksi ini juga lebih rentan dialami perempuan. Bakteri escherichia coli yang berada di usus besar menjadi penyebab utama penyakit ini. Selain itu, klamidia dan mycoplasma juga bisa menyebabkan infeksi saluran kencing, dimana yang ditimbulkan oleh penyakit menular seksual.

Infeksi saluran kencing ini sangat membahayakan apabila tidak mendapatkan perawatan maupun penanganan yang tepat. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Simak ulasan berikut ini.

Penyebab Infeksi Saluran Kencing

Penyebab Infeksi Saluran Kencing dan Cara Menanganinya Paling benar

Infeksi saluran kencing itu sendiri disebabkan oleh beberapa hal, seperti adanya batu ginjal yang menghalangi saluran kencing, kesulitan untuk mengeluarkan semua urin yang ada pada kandung kemih, penggunaan alat kontrasepsi seperti kondom, sistem imun tubuh yang lemah, hingga karena adanya penyakit seperti pembesaran kelenjar prostat pada seorang laki-laki.

Tidak hanya karena masalah kesehatan, penyebab infeksi saluran kencing lainnya adalah karena beberapa kebiasaan buruk yang terus dilakukan. Kebiasaan tersebut adalah seperti kurang minum, sehinga menyebabkan produksi urin berkurang dan memicu infeksi pada saluran kencing. Selain itu, menahan buang air kecil, membasuh vagina dari belakang ke depan, menggunakan pakaian dalam yang lembab dan basah, hingga mandi berendam bisa jadi salah satu pemicunya.

Baca juga  Penyebab Jantung Berdebar dan Cara Penanganan Menurut Dokter

Penderita infeksi saluran kencing ini akan mengalami gejala tergantung pada jenis infeksi yang dialaminya, seperti nyeri dan bahkan semakin buruk saat digunakan untuk berkemih. Gejala pada ISK atau Infeksi Saluran Kemih atas biasanya disertai dengan demam tinggi, tubuh terasa menggigil, mual, muntah, hingga diare yang tidak berkesudahan.

Sedangkan pada gejala ISK atau Infeksi Saluran Kemih bawah, biasanya akan timbul nyeri pada saat berkemih, frekuensi buang air kecil meningkat, tidak bisa menahan rasa ingin buang air kecil, nyeri di perut bagian bawah, nyeri pada panggul atau bagian rektum pada pria, bau urine sangat menyengat dan berwarna keruh, terdapat darah dalam urine, hingga badan menjadi lemas.

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Cara mengobati infeksi saluran kencing

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing ini yang paling benar adalah dengan melakukan perawatan atau pengobatan secara medis, namun Anda juga bisa menyembuhkannya dengan beberapa pengobatan alami yang dinilai sangat bagus loh, yaitu antara lain :

1. Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih teratur setiap hari merupakan awal yang tepat sebagai cara mengobati penyakit infeksi saluran kencing. Delapan hingga sepuluh gelas air yang Anda minum tiap harinya, tentunya dapat membantu menghilangkan bakteri melalui urin yang akan dikeluarkan. Sehingga akan sangat baik untuk pengobatan secara alami. Hindarilah meminum minuman berwarna, mengandung kafein, alkohol dan juga soda agar infeksi tidak semakin parah.

Baca juga  6 Makanan Pantangan Rematik yang Wajib Dihindari

2. Jangan Menahan Buang Air Kecil

Jangan pernah menahan buang air kecil, karena nantinya akan berimbas pada semakin berkembangnya bakteri yang ada dalam dalam kandung kemih. Selain itu, Anda juga perlu membuang air kecil setelah berhubungan seks untuk mengurangi risiko bakteri akan masuk lebih dalam ke saluran kencing.

3. Mengonsumsi Vitamin C

Meskipun ada larangan untuk mengonsumsi minuman seperti jeruk, namun bukan berarti Anda tidak bisa mengonsumsi vitamin C loh. Anda dapat menemukan vitamin C pada buah-buahan lainnya, dimana akan sangat bermangaat untuk mengurangi bakteri yang menjadi penyebab infeksi saluran kencing.

4. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Cara mengobati infeksi saluran kencing selanjutnya yang paling penting adalah selalu gunakan pakaian yang nyaman. Usahakan untuk menggunakan pakaian dengan bahan yang dapat membuat kulit bernapas, seperti celana dalam katun dan longgar. Hal tersebut dilakukan agar tidak menyebabkan lembab dan mengurangi bakteri yang akan masuk.

Itulah ulasan singkat mengenai penyebab infeksi saluran kencing dan cara menanganinya paling benar. Usahakan untuk menghindari kebiasaan buruk penyebab penyakit ini, serta lakukan pengobatan alami secara rutin. Jika belum berhasil, Anda bisa menemui dokter kembali dan mendapatkan pengobatan lainnya. Pengobatan alami ini hanya membantu tingkat keparahan infeksi saja, sehingga perlu selalu dibarengi obat dari dokter. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.