Feb 28

5 Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengobatinya

Penyebab Mata BengkakMata sebagai organ vital dari tubuh manusia tentu harus cepat diatasi jika kesehatannya terganggu. Karena tanpa bantuan mata aktivitas apapun yang biasa dilakukan oleh manusia normal akan terganggu. Contohnya mata yang bengkak, walau terlihat sangat spele tapi tetap saja akan mengganggu penampilan karena tidak mungkin untuk di tutupi secara terus menerus.

Mata yang bengkak dapat disebabkan oleh beberapa hal dan pada umumnya akan reda dengan sendirinya dan dapat ditangani sendiri. Agar terhindar dari mata bengkak, berikut adalah 5 penyebab mata bengkak yang harus kamu tahu sebagai langkah pencegahan.

5 Penyebab Mata Bengkak yang Harus Kamu Tahu

Penyebab Mata Bengkak

1. Akibat Alergi

Kulit di sekitar mata yang sangat tipis membuat mata menjadi sangat sensitif. Saat kulit pada bagian ini bersentuhan dengan sesuatu yang beterbangan di udara seperti misalnya serbuk sari, bulu binatang, atau tungau debu, membuat mata yang sensitive menjadi bengkak. Jika mata bengkak yang disebabkan oleh alergi, biasanya memungkinkan juga disertai dengan rasa gatal efek dari allergen lain yang tidak menyenangkan.

Cara mengobati mata bengkak akibat alergi, kamu bisa mencoba obat tetes mata di apotik yang bisa membersihkan alergi.

2. Akibat mata merah

Penyebab mata bengkak lainnya adalah memiliki kondisi mata merah yang dibiasanya disebabkan oleh virus atau infeksi bakteri pada selaput lendir yang melapisi mata. Mata yang bengkak biasanya juga disetai perubahan pada warna mata yang kemerahan.

Baca juga  7 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh di Apotik, Dosis dan Cara Konsumsinya

Mata yang bengkak dan merah pada keduanya dapat juga berupa efek alergi, namun jika merah hanya pada satu sisi mata, ini tampaknya di sebabkan oleh bakteri. Periksakan keadaan matamu ke dokter dan dapatkan obat mata bengkak antibakteri untuk mempercepat pemulihan kondisi mata.

3. Terlalu lama menggunakan softlens

Terlalu lama menggunakan softlens juga bisa menjadi penyebab mata bengkak. Hal ini terjadi karena softlens adalah penghalang bagi mata yang mencegah oksigen mencapai mata sehingga kornea pada mata membengkak. Penggunaan softlens saat tidur juga sangat berbahaya, karena selain menghalangi, softlens juga menekan korne dan pembengkakan akan makin parah.

Gunakan softlens seperlunya saja dan jangan melepasnya saat hendak tidur.

4. Menangis yang terlalu lama

Air mata yang keluar dari tubuh ternyata konsentrasinya berbeda tergantung dengan penyebabnya. Seperti misalnya airmata yang keluar akibat tertawa, mata berdebu, ataupun pengalaman emosional. Sementara airmata yang bisa membuat mata menjadi bengkak adalah airmata yang keluar akibat pengalaman emosional.  Menagis membuat kelenjar lakrimal pada mata dituntut untuk bekerja terus menerus memproduksi air mata maka dan air mata yang dikeluarkan memiliki konsentrasi garam yang cukup tinggi sehingga membuat mata membengkak.

cara mengobati mata bengkak akibat menagis terlalu lama bisa dilakukan dengan mengompres air dingin ke mata selama beberapa menit dan teteskan concealer dalam jumlah yang sedikit. Hal ini bisa menenangkan kelenkar mata yang tadinya membengkak.

Baca juga  Sakit Gigi Saat Hamil? Ini Penyebab, Cara Perawatan dan Obatnya

5. Terlalu banyak konsumsi sodium

Penyebab mata bengkak yang lain adalah mengkonsumsi terlalu banyak sodium. Sodium adalah sebuah mineral utama pada garam yang menyebabkan tubuh mengikat cairan, termasuk kedalamnya cairan yang ada di sekita mata. Makanan asin seperti keripik juga mengandung banyak sodium yang jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan mata bengkak.

Cara mengobati mata bengkak akibat konsumsi sodium yang berlebih ini adalah dengan mengontrol konsumsi cemilan yang mengandung banyak MSG didalamnya.

Itulah 5 penyebab mata bengkak yang harus kamu tahu untuk mencegah mata bengkak yang membuat penampilanmu menjadi tidak segar dan kusam.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.