Sep 06

Penyebab Rematik di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

Penyakit RematikPenyebab rematik di usia muda harus diketahui agar bisa menjaga kesehatan dengan menghindari segala hal yang bisa memicu adanya rematik. Rematik merupakan rasa nyeri dan linu pada persendian. Sebenarnya penyakit ini identik dengan orang yang berusia lanjut namun sudah banyak diketahui jika rematik juga menyerang siapa saja meskipun masih berada di usia muda.

Tak sedikit yang menyepelekan rematik karena rematik dianggap penyakit biasa dan lumrah sehingga penyakit yang menyerang persendian ini tidak diberi pengobatan yang serius. Alasan yang membuat penyakit ini dinilai biasa karena dianggap tidak berbahaya dan wajar jika diderita oleh orang yang memiliki usia lanjut.

Namun saat ini rematik juga sudah diketahui tidak hanya menyerang orang tua tapi juga menyerang siapa saja yang masih muda. Sehingga untuk mencegah adanya hal yang lebih serius maka penyebab rematik di usia muda harus diketahui oleh semua orang.

Pengertian Penyakit Rematik

Penyebab Rematik di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

Rematik adalah salah satu penyakit artritis atau radang sendi dari sekitar 100 jenis yang memiliki gejala dan penyebab yang hampir sama. Tak hanya rematik, ada juga osteoartritis dan polimialga rematik yang biasanya menyerang di usia 40 tahun ke atas. Selain itu ada juga yang menyerang kelompok usia 20 hingga 50 tahun yaitu lupus eritematosus yang cenderung menyerang wanita.

Baca juga  30 Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus dan Cara Pencegahannya

Sebenarnya rematik tidak bisa dianggap sepele karena rematik bisa menyebabkan kecacatan permanen pada bagian tubuh atau sendi yang sakit. Untuk itu, jangan sepelekan rematik dan obati dengan serius jika merasakan gejalanya.

Penyebab Rematik di Usia Muda

Penyebab rematik di usia muda

Penyebab rematik di usia muda sangat bermacam-macam namun pada umumnya penyebab adanya sakit rematik adalah masalah autoimun. Autoimun adalah kondisi sistem kekebalan tubuh yang berbalik menyerang jaringan persendian. Kondisi seperti ini yang membuat tulang rawan menjadi tipis dan terbentuknya tulang baru. Pertumbuhan tulang baru inilah yang membuat penderita rematik menjadi sulit bergerak dan merasakan linu pada sendi.

Penyebab rematik di usia muda yang lainnya adalah kebiasaan buruk yang sering dilakukan, seperti bekerja di tempat yang lembab, tetap memakai baju basah baik itu disebabkan oleh keringat atau kehujanan. Selain itu, konsumsi kalsium yang kurang juga bisa menjadi penyebab rematik di usia muda. Saat muda sangat dibutuhkan asupan kalsium yang cukup untuk membuat persendian dan tulang menjadi lebih kuat.

Jika sampai kekurangan asupan kalsium maka kerusakan jaringan tulang dan persendian bisa saja terjadi. Jika sudah begini maka tulang keropos hingga timbul rasa nyeri akan datang menggangu. Selain itu ada penyebab lain yang juga harus diketahui yaitu berat badan berlebih atau obesitas.

Setelah semua penyebab rematik di usia muda sudah disebutkan, Anda juga harus tahu bahwa ada beberapa makanan penyebab rematik, seperti makanan olahan dan makanan yang digoreng, makanan yang dimasak dengan temperatur tinggi, mengonsumsi gula yang berlebihan, dan yang lainnya.

Baca juga  Cara Menurunkan Asam Lambung Paling Aman dan Ampuh

Cara Mencegah Rematik di Usia Muda

Cara mencegah rematik di usia muda

Cara mencegah rematik di usia muda sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu melakukan olahraga secara teratur agar kesehatan tulang dan sendi tetap terjaga. Tak hanya olahraga, melakukan peregangan juga perlu dilakukan agar dapat meningkatkan jangkauan gerak sendi dan pastikan untuk melakukan pemanasan terlebih dulu agar rematik tidak bertambah buruk.

Mengonsumsi makanan yang bergizi juga menjadi salah satu cara mencegah rematik di usia muda yang cukup gampang dilakukan. Anda bisa mengonsumsi makanan sehat dengan berbagai kandungan vitamin dan nutrisi yang akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan tulang. Tak hanya itu saja, minum air putih yang cukup agar Anda bisa terhindar dari rematik.

Jika sudah terlanjur terserang rematik, Anda tidak perlu takut karena obat rematik bisa didapatkan di mana saja. Namun jika ingin menggunakan cara yang alami, Anda bisa menjadikan bahan-bahan yang sudah tersedia di dapur sebagai obat rematik.

Itulah sedikit ulasan tentang penyebab rematik di usia muda dan beberapa cara mencegah rematik di usia muda yang semoga saja bisa bermanfaat untuk Anda. Salam sehat.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.