Agu 17

Penyebab Sakit Jantung Pada Remaja dan Gejala yang Paling Umum

Penyebab Sakit Jantung – Sakit jantung bisa dialami oleh siapa saja dan saat ini sering ditemui penyakit jantung pada mereka yang memiliki usia remaja. Penyebab sakit jantung bisa beragam, namun penyakit yang satu ini tidak perlu terlalu dipikirkan jika Anda sudah melakukan gaya hidup yang sehat. Kabanyakan mereka yang menderita penyakit jantung ialah yang mengabaikan pola hidup sehat, seperti jarang berolahraga, mengkonsumsi makanan dan minuman yang kurang sehat dan lain sebagainya.

Selain hal-hal tersebut, masih banyak penyebab penyakit jantung lainnya yang akhirnya bisa menyerang seseorang. Semua penyebab tersebut bisa anda simak pada ulasan di bawah ini.

Penyebab Sakit Jantung Pada Remaja

Penyebab Sakit Jantung Pada Remaja dan Gejala yang Paling Umum

Ada berbagai macam penyebab sakit jantung pada remaja dan seluruhnya dapat menyebabkan sakit jantung pada pria atau wanita yang berusia di bawah 40 tahun. Beberapa penyebab sakit jantung diantaranya:

1. Penyakit Kawasaki

Penyebab sakit jantung pada remaja yang pertama adalah penyakit Kawasaki yang melibatkan peradangan pada pembuluh darah dan biasanya terjadi pada masa kanak-kanak. Penyakit langka ini kadang mempengaruhi arteri koroner yang membawa darah kaya oksigen ke jantung. Penyakit ini bisa langsung diketahui oleh dokter jika Anda mengalami sakit jantung kedua di usia 24 tahun.

2. Penyakit Arteri Koroner

Penyakit arteri koroner biasanya menjadi penyebab serangan jantung pada pria. Penyakit ini disebabkan oleh penyumbatan kolesterol pada arteri yang berfungsi melayani jantung. Selain itu, ada penyebab lain yaitu kelainan dari satu atau banyak arteri, gumpalan darah di daerah lain yang dibawa ke arteri koroner, gangguan sistem pembekuan, spasme atau peradangan pada arteri, trauma dada, penyalahgunaan narkoba, riwayat sakit jantung, atau yang lainnya.

Baca juga  Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengobati Scabies Pada Kulit

3. Hypertrophic Cardiomyopathy

Penyakit ini disebabkan oleh mutasi gen pada otot jantung yang ditandai dengan sel-sel otot jantung yang membesar. Pembesaran yang terjadi menyebabkan dinding ventrikel menebal sehingga aliran darah bisa terblokir dan membuat ventrikel akan bekerja lebih keras untuk memompa aliran darah.

Gejala dan Ciri-Ciri Sakit Jantung pada Remaja

Gejala dan Ciri-Ciri Sakit Jantung pada Remaja

Setelah mengetahui penyebab sakit jantung, Anda juga harus mengetahui gejala penyakit jantung dan ciri-cirinya. Gejala yang biasa muncul pada sakit jantung pada remaja adanya rasa tekanan pada dada, sesak napas, dan berkeringat dingin. Gejala tersebut bisa juga menjadi tanda-tanda serangan panas, asma, atau efek dari adanya ledakan emosi. Namun secara bersamaan, semua gejala tersebut juga dapat berupa diagnosis ciri-ciri penyakit jantung, terutama jika usia Anda di bawah 40 tahun.

Selain semua gejala dan ciri-ciri yang sudah disebutkan, Anda juga harus mengetahui gejala jantung koroner yang bisa dikenali dengan mudah, seperti nyeri dada yang terjadi ketika area otot jantung tidak mendapatkan cukup oksigen. Selain itu, gejala jantung koroner yang lain adalah keringat dingin, mual, muntah, dan juga sesak napas.

Obat Sakit Jantung

Obat Sakit Jantung

Ketika mengalami gejala penyakit jantung, hal yang harus dilakukan pertama kali adalah memeriksakan diri ke dokter. Setelah mengetahui hasil periksa, dokter akan memberikan obat sakit jantung yang fungsinya untuk memperbaiki sirkulasi dan mengurai darah yang menggumpal di arteri.

Baca juga  Pertolongan Pertama Pada Sakit Maag yang Kambuh Secara Tiba-tiba

Selain itu, dokter mungkin juga akan memberikan saran agar Anda menggunakan obat untuk mengurangi rasa sakit dan tekanan darah, serta oksigen yang akan membantu pernapasan. Aspirin dan statins (penurun kolesterol) merupakan obat-obatan lain yang mungkin akan dianjurkan oleh dokter.

Semua orang pasti ingin sehat dan untuk menghindari sakit jantung atau bahkan penyakit yang lain, Anda harus bisa menjaga pola hidup menjadi lebih sehat. Caranya cukup mudah, Anda bisa mengatur waktu makan menjadi lebih baik, konsumsi makanan yang sehat, olahraga teratur, dan masih banyak lagi. Ketika sudah memiliki pola hidup sehat, penyebab sakit jantung bisa dihindari.

Itulah sedikit ulasan tentang penyebab sakit jantung pada remaja yang perlu anda tahu. Mengetahui penyebab sakit jantung membuat kita lebih bisa menghindari dan mencegah agar penyakit berbahaya tersebut tidak menyerang diri kita. Terapkan gaya hidup sehat agar tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya, termasuk juga penyakit jantung ini. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.