Agu 30

Penyebab Sering Buang Air Kecil dan Cara Mengatasinya yang Aman

Penyebab Sering Buang Air Kecil – Setiap manusia pastinya harus minum banyak air putih dalam sehari, yaitu setidaknya 8 hingga 10 gelas. Dengan begitu biasanya akan menyebabkan Anda sering buang air kecil bukan? Meskipun hal tersebut normal dan juga tidak membahayakan, namun jika Anda terlalu sering buang air kecil bisa jadi merupakan kondisi yang berbahaya loh.

Sebagian tubuh manusia terdiri dari air, sehingga tubuh mempunyai kemampuan khusus untuk mengatur keseimbangan cairan pada tubuh yaitu dengan mengatur banyaknya air yang harus keluar untuk menciptakan sebuah keseimbangan. Seperti halnya mengeluarkan cairan, Anda juga akan merasa haus dan dehidrasi, sehingga membutuhkan cairan untuk mengisi tubuh kembali dengan konsumsi air putih secara rutin.

Jika dirasa cairan yang ada dalam tubuh sudah cukup, maka tubuh akan secara otomatis membuang kelebihan cairan tersebut salah satunya dengan cara buang air kecil. Manusia akan buang air kecil setidaknya tujuh kali dalam 24 jam, namun pada beberapa orang bisa lebih dari itu karena kondisi kesehatan tertentu. Lantas apa saja penyebab sering buang air kecil? Berikut ulasannya.

Penyebab Sering Buang Air Kecil

Penyebab Sering Buang Air Kecil

Penyebab sering buang air kecil yaitu bisa jadi karena terlalu banyak minum ataupun mengalami gangguan kesehatan tertentu. Namun jika Anda sering buang air kecil serta ada gejala lain yang mungkin dirasakan, ada baiknya untuk lebih berhati-hati. Apalagi jika buang air kecil melebihi frekuensi normal dalam waktu yang lama, bisa jadi mengindikasi kondisi yang cukup membahayakan.

Baca juga  Ciri-Ciri Kanker Rahim, Yuk Kenali Gejalanya Sejak Dini!

Banyak orang yang menanyakan, bahwa sering buang kecil tanda penyakit apa? Salah satunya adalah infeksi saluran kemih. Penyakit tersebut memiliki gejala seperti selalu ingin buang air kecil yang tidak bisa ditahan, disertai demam, hingga rasa tidak nyaman ataunyeri pada perut bagian bawah yang menjadi sebuah tanda bahwa Anda terkena infeksi saluran kemih.

Tidak hanya infeksi saluran kemih, infeksi ginjal, batu ginjal, diabetes, gangguan prostat hingga kehamilan pastinya akan membuat Anda menjadi sering buang air kecil. Pada kehamilan, hal ini sangatlah wajar karena uterus akan tumbuh dan menekan kandung kemih hingga menyebabkan seringnya buang air kecil.

Namun jika kondisi buang air kecil menjadi terlalu sering dan menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari karena adanya gangguan kesehatan selain yang terkait dengan kehamilan, maka sebaiknya untuk memeriksakan kondisi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Biasanya akan diperlukan pemeriksaan urine untuk mengetahui apakah ada senyawa abnormal yang ada dalam urine. Tidak hanya itu, mungkin juga akan dilakukan tes lainnya seperti tes pencitraan, tes neurologis, hingga tes urodinamik untuk memeriksa kondisi kandung kemih, sfingter dan juga uretra apakah berada dalam keadaan baik atau tidak.

Setelah mengetahui penyebab sering buang air kecil dan juga gejala yang menyertainya, barulah Anda bisa melakukan penanganan kondisi tersebut. Berikut adalah cara mengatasi sering buang air kecil yang bisa Anda lakukan.

Baca juga  Pengertian dan Penyebab Ganglion Paling Umum yang Harus Anda Tahu

Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil

Cara mengatasi sering buang air kecil

Lantas bagaimana cara mengatasi sering buang air kecil? Hal tersebut tentunya harus disesuaikan dengan penyebab maupun gejala yang menyertainya, seperti pemberian antibiotik penderita sering buang air kecil yang disebabkan oleh infeksi. Sedangkan untuk kondisi kandung kemih yang terlalu aktif, maka Anda bisa melakukan cara berikut :

1. Senam kegel

Senam kegel sangat bermanfaat untuk menguatkan otot di sekitar kandung kemih dan juga uretra, sehingga mampu untuk mengurangi dorongan untuk sering buang air kecil. Anda bisa memfokuskan diri untuk melakukan latihan panggul selama lima menit. lakukan setidaknya tiga kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Akupuntur

Pengobatan alternatif akupuntur memang dipercaya sangat ampuh untuk membantu mengatasi masalah sering buang air kecil, yaitu dengan melakukan memanipulasi titik tertentu yang ada pada tubuh.

3. Mengubah Pola Makan

Anda harus mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi minuman beralkohol, kopi, soda, cokelat, pemanis buatan hingga makanan pedas. Jenis makanan tersebut dapat memperparah kondisi sering buang air kecil yang Anda alami, usahakan untuk memperbanyak konsumsi makanan kaya serat dan juga air putih agar kesehatan terjaga.

Itulah ulasan mengenai penyebab sering buang air kecil dan cara mengatasinya yang aman. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.