Sep 19

Pertolongan Pertama Pada Sakit Maag yang Kambuh Secara Tiba-tiba

Penanganan sakit maag – Pertolongan pertama pada sakit maag penting untuk diketahui agar setiap orang bisa memberikan pertolongan pertama ketika diri sendiri atau orang lain tiba-tiba maagnya kambuh. Tidak bisa dipungkiri jika memang penyakit maag bisa kambuh kapan saja dan di mana saja.

Timbulnya sakit maag bisa terjadi karena tidak bisa menjaga pola makan atau memiliki gaya hidup yang tidak teratur. Maag sendiri merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan dan gangguan tersebut terjadi pada asam lambung yang meningkat dalam jumlah yang tidak terkontrol.

Penyakit maag merupakan salah satu jenis penyakit yang paling banyak diderita dan penderitanya juga beragam, dari usia yang muda sampai yang sudah berusia lanjut. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui cara pertolongan pertama pada sakit maag karena saat maag kambuh, rasa tidak nyaman pasti dialami, apalagi jika sedang melakukan aktivitas. Saat maag kambuh, penderita akan merasa perut kembung, mual-mual hingga muntah, sering bersendawa, dan terasa perih di ulu hati.

Pertolongan Pertama Pada Sakit Maag

Pertolongan Pertama Pada Sakit Maag

Ketika maag kambuh, Anda tidak perlu khawatir lagi karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pertolongan pertama pada sakit maag. Berikut beberapa cara pertolongan pertama pada sakit maag:

  1. Pertolongan pertama pada sakit maag yang pertama adalah minum air putih. Tujuan dari tindakan pertama ini adalah untuk meringankan gejala maag yang kambuh. Air putih yang diminum bisa membantu lambung serta luka lambung akibat bakteri menjadi lebih netral. Tidak hanya itu saja, air putih akan membuat sisa-sisa makanan yang menempel pada dinding lambung bisa terdorong keluar.
  2. Langkah kedua yang dilakukan untuk pertolongan pertama pada sakit maag ketika kambuh adalah mengunyah permen karet rasa mint. Mengunyah permen karet ini akan membuat produksi air liur meningkat dan air liur akan membuat asam lambung menjadi lebih netral dan rasa mint yang ada pada permen karet akan membuat rasa sakit yang muncul menjadi lebih ringan.
  3. Langkah ketiga untuk melakukan pertolongan pertama pada sakit maag adalah mengonsumsi makanan yang bisa menetralkan asam lambung. Makanan yang bisa membuat asam lambung menjadi netral adalah pepaya atau pisang kepok. Selain dua buah tersebut, Anda juga bisa memilih untuk mengonsumsi madu, air kelapa muda, atau kue jahe. Semua makanan yang disebutkan itu memiliki khasiat yang bisa mengatasi penyakit maag.
Baca juga  Jus Buah untuk Penderita Maag dan Khasiat Terbaiknya

Cara Lain untuk Mengatasi Maag Kambuh

Ketika maag sedang kambuh, jangan mengonsumsi makanan dengan tekstur keras agar lambung tidak bekerja terlalu keras. Ketika lambung bekerja terlalu keras maka produksi asam lambung menjadi tinggi dan hal ini membuat perut menjadi semakin sakit.

Maag bisa kambuh kapan saja dan di mana saja bahkan bisa juga maag kambuh saat malam. Jika sudah begini, tidur pasti akan terganggu dan tidak nyaman. Ketika kambuh begini, perbaiki posisi tidur saat maag kambuh dengan cara naikkan kepala sekitar 6 – 8 inci agar asam lambung tidak naik ke arah esofagus. Jangan tidur dalam posisi telentang dan miring ke arah kanan agar asam lambung tidak naik.

Posisi tidur saat maag kambuh yang paling baik adalah posisi miring ke kiri. Posisi ini sudah dibuktikan dengan adanya penelitian yang sudah dilakukan. Sebisa mungkin gunakan baju yang longgar ketika tidur. Jangan memakai baju yang ketat karena baju yang ketat tersebut bisa menekan lambung dan mengakibatkan asam lambung mudah naik.

Setelah makan, jangan langsung tidur dan lebih baik tunggu sekitar 3 – 4 jam. Menunda untuk tidur itu akan memberikan kesempatan kepada lambung untuk mencerna makanan. Dengan begini makanan yang sudah dicerna akan turun ke usus dan kondisi lambung menjadi kosong. Jika sudah sabar menunggu maka risiko asam lambung akan naik bisa dikurangi pada saat tidur.

Baca juga  Penyebab Jantung Berdebar dan Cara Penanganan Menurut Dokter

Sudah disebutkan beberapa cara yang bisa menghilangkan nyeri maag dan agar tidak sering kambuh, ubah pola makan menjadi lebih teratur dan perbaiki gaya hidup sehari-hari.

Itulah sedikit ulasan tentang pertolongan pertama pada sakit maag. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.