Feb 07

Sakit Gigi Saat Hamil? Ini Penyebab, Cara Perawatan dan Obatnya

Sakit Gigi Saat Hamil – menderita sakit gigi saat hamil muda ataupun tua, menjadi kondisi yang sangat krusial sekali. Bagaimana tidak, sakit yang tak tertahankan tak bisa sembarangan diobati, karena bisa saja berpangaruh pada kesehatan dan calon buah hati. Untuk itulah, perlu penanganan yang tepat agar sakit gigi yang diderita oleh ibu hamil bisa teratasi dengan baik.

Menderita sakit gigi saat dalam kondisi masa kehamilan memang bisa saja membuat stress berat. Disamping memikirkan kondisi kesehatan sendiri, juga harus memikirkan kondisi janin agar tetap terjaga dengan baik. Jika memang Anda sekarang ini juga merasakan hal yang demikian, dibawah ini kami punya rangkuman mengenai sakit gigi saat hamil yang bisa Anda baca. Mulai dari penyebab sakit gigi, cara perawatan yang benar, hingga obat sakit gigi yang aman untuk ibu hamil. Langsung saja simak yuk!

Sakit Gigi Saat Hamil

Penyebab Sakit Gigi Saat Hamil

Merasakan sakit gigi saat hamil memang bermacam-macam, mulai dari gusi bengkak hingga gigi yang berlubang. Ada beberapa penyebab sakit gigi saat hamil yang perlu Anda tahu. Dengan mengetahui beberapa penyebabnya, maka Anda bisa mencegah datangnya sakit gigi kembali dikemudian hari. Beriku ini penyebab sakit gigi saat hamil yang harus Anda ketahui :

Hormon

Penyebab sakit gigi saat hamil yang pertama adalah karena terjadinya perubahan hormon didalam tubuh. Perubahan hormon pada ibu hamil ini nantinya akan menyebabkan peradangan pada gusi atau gingivitis yang akhirnya menyebabkan gusi membengkak, hingga berdarah ketika menyikat gigi. Selain itu, timbulnya penyakit periodontal dan benjolan di gusi juga bisa saja terjadi pada ibu hamil.

Baca juga  Obat, Penyebab dan Gejala Limfoma yang Sering Diabaikan

Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil ini sendiri juga akan menurunkan sistem imunitas tubuh, sehingga bakteri penyebab sakit gigi dan gusi tidak tertangani dengan baik. Dalam kondisi yang seperti ini, ibu hamil disarankan untuk rutin menggosok gigi minimal 2 kali sehari, berkumur dengan obat kumur antimikroba, dan juga menggunakan benang gigi setidaknya sehari sekali.

Kekurangan kalsium

Penyebab sakit gigi saat hamil selanjutnya adalah karena ibu hamil kekurangan kalsium. Ibu hamil yang kekurangan kalsium, maka untuk memenuhi kebutuhan kalsium bayi akan mengambil dari tulang ibu. Kemudian ketika sudah sangat kekurangan, maka akan mengambilnya di gigi ibu. Inilah yang akhirnya akan menyebabkan gigi berlubang pada ibu hamil. Karena itulah, sangat penting bagi ibu hamil untuk selalu mencukupi kebutuhan kalsiumnya. Susu, keju dan yogurt adalah makanan tinggi kalsium yang baik dikonsumsi ibu hamil.

Muntah dan mual

Dan penyebab yang terakhir terjadinya sakit gigi saat hamil adalah karena muntah. Muntahan yang dikeluarkan secara terus-menerus akan membuat gigi terkena asam lambung yang sangat kuat, dan akhirnya akan merusak enamel gigi. Saat enamel gigi sudah rusak, maka kemungkinan gigi berlubang akan semakin besar, hingga akhirnya bisa menyebabkan sakit gigi. Karena itulah, disarankan ibu hamil berkumur dengan air putih setelah muntah. Selain itu, ibu juga bisa berkumur menggunakan cairan kumur ber-flouride atau dengan mengoleskan pasta gigi ke seluruh gigi. Setelah satu jam barulah melakukan gosok gigi.

Baca juga  Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol dan Cara Mengolahnya yang Benar

Cara Perawatan Saat ibu Hamil Menderita Sakit Gigi

Menurut para dokter, perawatan atau pengobatan sakit gigi saat hamil boleh-boleh saja untuk dilakukan, dan ini cukup aman. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah melakukan perawatan atau pengobatan sakit gigi saat hamil sebaiknya dilakukan saat memasuki trimester kedua atau awal masa trimester ketiga. Ini karena masa ini cukup aman untuk ibu mengkonsumsi obat sakit gigi.

Pada trimester pertama kehamilan adalah masa pertumbuhan dan perkembangan janin yang sangat krusial sehingga ditakutkan saat melakukan perawatan dan pengobatan sakit gigi akan mengganggu prosesnya. Sementara untuk diparuh trimester ketiga kehamilan, kondisi rahim menjadi sangat sensitif sekali. Sehingga jika melakukan perawatan dan pengobatan sakit gigi, maka akan meningkatkan kalahiran bayi prematur.

Namun jika memang perawatan dan pengobatan sakit gigi saat hamil sangat diperlukan, seperti gigi paah atau infeksi gigi, maka hal tersebut boleh dilakukan asalkan ditangani oleh dokter atau bidan Anda. Memeriksakan gigi ke dokter akan jauh lebih aman, karena mereka tahu bagaimana cara mengatasi dan mengobati sakit gigi saat hamil yang aman.

Obat Tradisional Sakit Gigi Saat Hamil yang Paling Aman

Es batu

Sakit gigi saat hamil bisa diredakan dengan cara mengompreskan es batu yang sudah balut kain bersih pada pipi disisi luar gigi yang sakit. Tempelkan secara perlahan agar nantinya sakit gigi bisa diredakan. Jangan pernah menempelkan langsung es batu pada gigi yang sakit, karena hal tersebut hanya akan membuat sakit gigi bertambah parah.

Baca juga  5 Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengobatinya

Air garam

Air garam juga menjadi salah satu obat sakit gigi saat hamil yang aman bisa Anda gunakan. Caranya, siapkan terlebih dahulu segelas air hangat, kemudian larutkan 1 sendok garam dan aduk rata. Buatlah untuk berkumur setelah makan. Lakukan sebanyak 3-4 kali dalam sehari. Air garam bermanfaat untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi yang menyerang.

Cengkeh

Cengkeh juga menjadi salah satu obat tradisional untuk sakit gigi yang ampun dan aman untuk ibu hamil. Oleskan saja minyak cengkeh pada area gigi yang terasa sakit. Zat aktif euganol yang ada didalam cengkeh bisa menjadi obat pereda nyeri alami yang ampuh dan aman.

Bawang putih

Cara mengobati sakit gigi dengan bawang putih adalah dengan menggeruskan terlebih dahulu hingga lembut lalu mencampurkannya dengan sedikit garam. Kemudian letakkan pada area gigi yang sedang sakit. Bawang putih mengandung asam amino alisin yang memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi yang nantinya bisa mengatasi peradangan pada gusi dan nyeri pada gigi.

Demikian tadi informasi mengenai sakit gigi saat hamil yang bisa kami bagikan kepada Anda semua. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.